Gaspol, Inilah Daftar Tol Baru yang Dibuka Gratis Pada Arus Mudik 2024

Gaspol, Inilah Daftar Tol Baru yang Dibuka Gratis Pada Arus Mudik 2024

Ilustrasi tol baru yang dibuka gratis pada periode mudik 2024.-Pixabay-pexels.com

INFORADAR.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bertanggung jawab untuk membuka enam ruas jalan tol untuk melayani arus mudik 2024 dan balik Lebaran 2024.

Dilansir dari berbagai sumber, tim Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Hidup, Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa enam ruas tol baru pada periode mudik 2024 yang siap digunakan memiliki panjang 163,1 km dan akan menghubungkan ruas-ruas utama dari jalan tol lama.

Inilah ruas jalan tol baru yang akan dibuka gratis untuk layani arus mudik 2024.

Pertama, jalan tol Cikampek (Japek) II Jakarta Selatan sepanjang 8,5 km yang menghubungkan Sadang dan Kutanegara.

BACA JUGA:Info Mase, Pendaftaran Mudik Gratis 2024 Dishub DKI Jakarta Kembali Dibuka

Kedua, ruas Kartosuro - Karanganom (Klaten) sepanjang 22,3 km dari jalan tol Yogyakarta - Solo, yang dapat membagi lalu lintas di sepanjang hampir 1/3 jarak antara Solo dan Yogyakarta.

Berikutnya adalah jalan tol Cimanggis - Cibubur sepanjang 19 km, yang merupakan bagian dari struktur jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR 2) dan menghubungkan ke jalan tol Jabodetabek sebagai pusat penting di Indonesia. 

Selain pembukaan ruas tol fungsional baru di Pulau Jawa, Kementerian PUPR dan BUJT juga telah membuka ruas tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi - Parapat seksi 2 Kuala Tanjung - Indrapura dan Sinasak - Seribu Dolok seksi 3 dan 4 (56,6 km), ruas tol Bangkinang - Tanjung Alai (24,7 km) dan ruas tol Indrapura-Kisaran (32 km).

Kementerian PUPR juga memperpanjang ruas Cikampek-Palimanan sepanjang 14 km dari KM71 hingga KM85. Lajur diperlebar dari tiga menjadi empat lajur untuk meningkatkan kapasitas pengumpulan tol.

BACA JUGA:Lokasi SPKLU Bagi Pemudik yang Menggunakan Mobil Listrik

Ruas-ruas yang telah beroperasi sebelumnya adalah jalan tol Cireuni - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu), jalan tol Pasuruan - Probolinggo (Seksi 4A Probolinggo Timur - Gending), dan jalan tol Ciawi-Sukabumi (Seksi 2 Cigombong - Cibadak).

Tulus Abadi, dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengatakan bahwa selain jalan tol, pelayanan bagi pengguna jalan tol juga tidak kalah penting dengan adanya Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) dan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) serta rest area.

Saat ini terdapat 134 TIP tipe A, B dan C di seluruh ruas tol di Indonesia.

Tulus mengimbau agar pengguna jalan tol tetap mengikuti aturan berkendara, selalu mengecek kondisi kendaraan dan mengutamakan keselamatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: