Berharap Mudik Lancaran, Dinkes Cilegon Sediakan Posko Kesehatan Bagi Para Pemudik

Berharap Mudik Lancaran, Dinkes Cilegon Sediakan Posko Kesehatan Bagi Para Pemudik

Kepala Bidang Pemenuhan Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya Kesehatan Perorangan pada Dinkes Kota Cilegon Febrinaldo -doc pribadi/Rajudin-

INFORADAR.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon menerjunkan puluhan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk melayani pengendara yang hendak mudik ke kampung halamannya.

Puluhan nakes itu bakal disebar setiap harinya di sejumlah posko kesehatan yang berada di jalur mudik yang yang disediakan Dinkes Kota Cilegon.

Kepala Bidang Pemenuhan Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya Kesehatan Perorangan pada Dinkes Kota Cilegon Febrinaldo mengatakan, puluhan petugas nakes tersebut bakal diterjunkan pada 4 sampai 16 April 2024 atau selama arus mudik dan balik lebaran 2024.

"Jadi selama 13 hari itu setiap harinya puluhan nakes akan melayani para pemudik yang melintasi di jalur-jalur posko Dinkes, yang sudah disediakan," katanya saat dihubungi RADARBANTEN.CO.ID melalui sambungan telepon, Rabu 27 Maret 2024.

Adapun posko tersebut, Kata dia, tersebar disejumlah titik jalur perlintasan seperti di Posko PCI, Landmark, Gerem, Terminal Terpadu Merak, dan Posko JLS Ciwandan.

BACA JUGA:Ini Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadan di Banten Hari Ini: Rabu, 27 Maret 2024

"Ada lima posko, satu posko utama di kantor Dinkes dan satu lagi posko cadangan di daerah Lebak Denok JLS," katanya.

Dalam setiap Posko itu, lanjut Febri, terdapat satu dokter, dua perawat dan satu sopir ambulans, yang mana dalam setiap posko terdapat tiga shift. Sehingga setiap harinya terdapat 12 nakes yang berjaga di setiap pos.

"Kalau di total dari 5 posko itu, dengan 12 nakes setiap posko jadi ada sekitar 60 nakes setiap harinya yang berjaga," terangnya.

Lebih lanjut Febri menyampaikan, pelayanan yang diberikan di setiap posko tersebut meliputi memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, mengobati pemudik yang sakit dan merujuk ke Rumah Sakit jika tidak bisa diobati di posko.

"Jadi bagi pemudik jika merasakan keluhan tentang kesehatan jangan sungkan untuk mampir ke posko kami sediakan," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Siap Mudik? 4 Tips Mencegah Mabuk Saat Perjalanan Mudik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: