Siap Mudik? 4 Tips Mencegah Mabuk Saat Perjalanan Mudik

Siap Mudik? 4 Tips Mencegah Mabuk Saat Perjalanan Mudik

Tips Atasi Mabuk Saat Mudik--freepik

INFORADAR.ID - Menjelang perayaan Lebaran, banyak orang yang mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan mudik. Namun, mempersiapkan perjalanan mudik Lebaran merupakan hal yang penting bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang sering mengalami gejala mabuk perjalanan. 

Hal ini dikarenakan gejala mabuk perjalanan mudik Lebaran dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman dan bahkan dapat merusak pengalaman perjalanan secara keseluruhan.

Gejala mabuk perjalanan mudik dapat berupa sakit perut, mual, berkeringat, pusing, dan muntah. 

Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk mencegah mabuk selama perjalanan mudik:

1. Mengatur Porsi Makan

Mengikuti pola makan yang baik adalah strategi yang penting, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh. 

Dianjurkan untuk menghindari makanan besar dan berat sebelum bepergian, karena hal ini dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan mudik. 

Sebagai gantinya, pilihlah makanan ringan yang mudah dicerna untuk mengisi perut selama perjalanan.

2. Hindari Multitasking

Sangat disarankan untuk berkonsentrasi pada perjalanan atau beristirahat selama perjalanan. 

Hindari bermain dengan gadget atau membaca buku, karena hal ini dapat mengganggu sinyal yang diterima otak dan meningkatkan risiko mabuk perjalanan.

BACA JUGA : 4 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Berangkat Mudik Lebaran untuk Keselamatan di Perjalanan

3. Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Memilih posisi tempat duduk yang tepat di dalam mobil juga memainkan peran penting, khususnya jika kamu mudah mabuk perjalanan. 

Dianjurkan untuk memilih tempat duduk yang memungkinkan kamu untuk melihat langsung ke arah perjalanan dan menghindari tempat duduk yang terlalu banyak bergoyang.

4. Mencukupi Waktu Istirahat

Sangat penting untuk beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan pulang. 

Tubuh yang bugar dan waspada dapat membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan bebas dari berbagai masalah kesehatan. 

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan peregangan setiap empat jam sekali atau di sela-sela perjalanan jika pengemudi merasa lelah atau mengantuk.

Mabuk saat perjalanan mudik juga dapat diobati dengan meminum obat anti mabuk sebelum atau setelah timbulnya gejala. 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, disarankan, terutama bagi kamu yang memiliki riwayat mabuk perjalanan, untuk meminum obat anti mabuk sekitar satu hingga dua jam sebelum memulai perjalanan. 

Dengan demikian, kamu dapat melakukan perjalanan mudik  dengan lebih nyaman dan aman.(*)

BACA JUGA : Ini Tips Agar Mudik Lebaran 2024 Tidak Buat Kantong Boncos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: