5 Rekomendasi Sahur Sehat untuk Penderita Kolesterol Tinggi

5 Rekomendasi Sahur Sehat untuk Penderita Kolesterol Tinggi

kadar kolesterol--Freepik @rawpixel.com

iINFORADAR.ID - Sahur harus mencakup makanan bergizi yang cukup untuk menjaga tubuh tetap kuat hingga waktu berbuka. Namun, penderita kolesterol tinggi mungkin tidak dapat mengonsumsi semua jenis makanan Sahur. Mereka harus lebih selektif dalam memilih makanan untuk memastikan bahwa penyakitnya tidak kambuh selama berpuasa.

Penderita kolesterol tinggi harus berhati-hati dalam memilih menu sahur untuk mencegah kadar kolesterol naik selama periode sahur. Rekomendasi sahur yang sehat untuk penderita kolesterol tinggi antara lain mengonsumsi kacang-kacangan, kedelai, gandum, buah-buahan dan sayuran.

Beberapa makanan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus menjadi bagian dari pola makan yang sehat. Cobalah beberapa tips sahur sehat berikut ini untuk penderita kolesterol tinggi

1. Makan makanan tinggi lemak tak jenuh

Mengurangi asupan makanan berlemak jenuh adalah cara terbaik untuk menurunkan kolesterol. Hal ini karena makanan tersebut tidak meningkatkan kolesterol darah.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh termasuk minyak nabati seperti minyak zaitun, bunga matahari dan minyak kanola, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan berminyak dan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti sarden dan salmon.

2. Makan buah dan sayuran

Rekomendasi kesehatan kedua untuk penderita kolesterol tinggi adalah mengonsumsi buah dan sayuran tertentu. Selain kolesterol, buah dan sayuran dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

Mengontrol kolesterol tidak selalu berarti mengonsumsi makanan rendah lemak. Bisa juga dengan menjaga berat badan ideal. Misalnya, mengonsumsi makanan rendah kalori.

BACA JUGA:Ini Dia Makanan dan Kandungan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi Menjadi Normal Kembali

Sayuran dan buah-buahan yang kaya serat juga dapat menurunkan kolesterol darah dengan membatasi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah. Stroberi, alpukat, kiwi, apel, anggur, stroberi, dan jeruk. Sayuran seperti kembang kol, terong, okra, dan brokoli.

3. Makan gandum dan jelai

Oat dan barley adalah sereal yang kaya akan serat yang disebut beta-glukan; mengonsumsi makanan yang mengandung beta-glukan adalah salah satu cara bagi penderita kolesterol tinggi untuk mengonsumsi makanan yang sehat. 

Ketika makanan ini dimakan, beta-glukan membentuk gel di dalam usus yang berikatan dengan asam empedu yang kaya kolesterol. Hal ini membatasi jumlah kolesterol yang diserap dari usus ke dalam darah dan menstabilkan kadar kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: