Bangun Pola Makan yang Sehat untuk Melindungi Mata Agar Tetap Sehat dan Terjaga

Bangun Pola Makan yang Sehat untuk Melindungi Mata Agar Tetap Sehat dan Terjaga

Potret orang yang sedang mebekerja menggunakan komputer.-pixabay/@pexels-

Selama beberapa dekade, wortel telah diterima sebagai makanan untuk penglihatan yang baik. Worten ini bukan satu-satunya nutrisi yang akan membantu mata, tetapi penuh dengan vitamin A dan merupakan makanan yang baik untuk menjaga penglihatan.

Ada juga ubi jalar yang bisa menjadi makanan lain dengan kandungan vitamin A sehingga bisa memenuhi kebutuhan bagi tubuh.

BACA JUGA:Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan Mata

3. Tambahkan Zinc Pada Makanan

Zinc dapat membantu produksi melanin, pigmen yang membantu melindungi mata. Ada sejumlah makanan yang akan menambah jumlah seng yang baik untuk pola makan yang sehat bagi kita.

Terdapat beberapa makanan seafood seperti kerrang, lobster, kepiting dan tiram semuanya menyediakan zinc dosis tinggi.

Ada juga sayuran berupa bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya. Selain vitamin C, sayuran ini memberi tubuh zinc yang dibutuhkan untuk melindungi mata.

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti hazelnut, kacang mete, kacang tanah, almond dan kenari, semuanya mengandung banyak zinc. 

4. Sertakan Asam Lemak Omega-3

Ini baik untuk kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Kandungan itu dapat membantu meningkatkan fungsi saraf dan dengan demikian meningkatkan kinerja saraf yang terkait dengan penglihatan. 

Sumber omega-3 terbaik adalah dihasilkan dari ikan yang memiliki lemak baik seperti salmon, sarden, dan herring.

5. Konsumsi Banyak Air Putih

Salah satu masalah mata yang paling umum adalah kekeringan yang berlebihan. Ada kondisi tertentu yang dapat menyebabkan mata kering yang memungkinkan mengalami dehidrasi. 

Dehidrasi memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara, termasuk penurunan produksi air mata. Tingkatkan asupan air untuk bisa melihat apakah mata kita tidak terlalu kering.

Kelima hal di atas sangat efektif untuk dilakukan agar mat akita bisa tetap dalam keadaan sehat yang harus diimbangi, di samping dari pekerjaan di depan layar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: