Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil Agar Tidak Boros dan Lebih Awet Sepanjang Masa

Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil Agar Tidak Boros dan Lebih Awet Sepanjang Masa

Cara menghemat bahan bakar untuk mobil. -@freepik-

Gantilah filter udara sesuai dengan petunjuk dari pabriknya, sehingga bisa meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

4. Kurangi Beban Kendaraan

Carilah kendaraan yang paling ringan yang dapat memenuhi kebutuhan kamu. Pada kendaraan non-hybrid, beban adalah sumber utama hilangnya energi kinetik. 

Singkirkan beban berlebih dari kendaraan dan jika perlu, lepaskan kursi anak yang tidak terpakai. Jika Anda memiliki barang berat di bagasi, carilah tempat lain untuk barang tersebut. 

BACA JUGA:Mau Beli Mobil Buat Mudik? Lakukan 5 Hal Ini Dulu, Biar Gak Nyesek

Tambahan berat 100 pon dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 1-2%  dan janganlahmembuang-buang bahan bakar dengan melakukan perjalanan yang tidak perlu.

5. Carilah Ban yang Sesuai

Ban yang lebih sempit lebih aerodinamis dan memiliki daya cengkeram yang lebih kecil, di mana mobil balap membutuhkan ban yang lebih lebar. 

Jangan gunakan ban yang tidak sesuai dengan pelek atau lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan oleh produsen.

Pilihlah ban dengan hambatan gulir yang rendah, sehingga dapat membantu menghemat penggunaan bahan bakar meskipun hanya beberapa persen.

6. Perhatikan Tautan Mesin Pendukung

Pada kendaraan bermesin injeksi, pastikan sensor oksigen, sistem emisi mobil dan sistem pembuangan dalam kondisi baik.

Lampu check engine dapat menyala untuk menunjukkan bahwa sistem tidak bekerja dengan baik. Sensor oksigen yang rusak akan meningkatkan konsumsi bahan bakar lebih dari 20 persen.

Keenam cara itu merupakan cara yang sangat efektif untuk kamu lakukan agar bisa menghemat penggunaan bahan bakar agar lebih awet.(*)

BACA JUGA:5 Mobil Toyota dengan Menggunakan Bahan Bakar Solar, Sudah Tahu Belum?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: