Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil Agar Tidak Boros dan Lebih Awet Sepanjang Masa

Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil Agar Tidak Boros dan Lebih Awet Sepanjang Masa

Cara menghemat bahan bakar untuk mobil. -@freepik-

INFORADAR.ID – Lakukan beberapa langkah ini untuk kamu yang ingin lebih berhemat dalam membeli bahan bakar mobil.

Seperti yang diketahui, bahwa bakan bakar ini merupakan salah satu komponen terpenting dalam kendaraan agar bisa melaju, termasuk dalam kendaraan mobil. 

Harga bahan bakar yang saat ini semakin melejit dan mahal, sehingga membuat para pengendara ingin lebih berhemat.

Untuk bisa menghemat dalam penggunaan bahan bakar, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Memompa Ban dengan Benar

Pemompaan ban yang benar dapat mengurangi konsumsi bensin hingga 3%. Tekanan angin ban mobil berkurang sebesar 1 PSI setiap bulannya dan suhu lingkungan juga mengurangi tekanan angin ketika ban dalam keadaan dingin (misalnya di musim dingin). 

BACA JUGA:Beli Mobil Kecil Terbaik, Kapasitas Mesin Kecil, Bahan Bakar Hemat

Disarankan untuk memeriksa tekanan angin ban sebulan sekali, lebih baik lagi setiap minggu. Tekanan angin ban yang tepat akan mengurangi risiko keausan ban.

Tekanan angin yang direkomendasikan adalah untuk ban dingin. Jika kendaraan telah berjalan selama beberapa waktu, tambahkan sekitar 3 PSI. 

Pompa ban sesuai dengan tekanan yang direkomendasikan oleh produsen, bukan tekanan maksimum yang tertera pada dinding ban. 

2. Tune Up Mesin

Mesin yang disetel akan memaksimalkan tenaga dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Namun, ketahuilah bahwa teknisi mungkin menyetel mesin untuk mendapatkan tenaga yang besar dengan mengabaikan konsumsi bahan bakar.

3. Periksa Kondisi Filter Udara

Filter yang kotor akan memboroskan bensin dan menyebabkan mesin mati saat idle. Hindari jalan yang berdebu karena filter dapat mudah menjadi kotor dan tersumbat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: