Tips Aman Berkendara dan Menghemat BBM saat Mudik Lebaran

Tips Aman Berkendara dan Menghemat BBM saat Mudik Lebaran

keluarga yang akan melakukan perjalanan mudik--Sumber & Design Freepik

INFORADAR.ID - Mudik Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak orang untuk bertemu dengan orang tersayang dan kerabatnya. Namun, perjalanan jauh seringkali disertai dengan risiko dan tantangan, terutama dalam hal keselamatan berkendara dan penghematan bahan bakar.

Harga bensin terus meningkat, dan uang di dompet Anda habis dengan cepat. Ada beberapa cara untuk menghemat biaya bensin agar mengurangi penggunaan bensin dan anda tetap merasa aman saat mudik lebaran menggunakan kendaraan anda.

Dalam upaya untuk menciptakan perjalanan yang aman dan efisien, memahami keterampilan mengemudi yang benar dan strategi penghematan bahan bakar adalah kuncinya. Pada artikel ini, kami mengeksplorasi tips dan trik yang dapat membantu Anda menghadapi mudik lebaran dengan lebih siap. 

Beberapa tips untuk membantu Anda melakukan perjalanan pulang dengan aman dan efisien:

1.  Hindari berhenti saat mesin hidup

Saat berhenti atau menunggu istirahat, matikan mesin mobil. Ini membantu menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi yang merusak lingkungan.

2.  Rencanakan perjalanan Anda sebelumnya

Rencanakan rute perjalanan Anda dengan cermat sebelum melakukan perjalanan. Periksa kondisi jalan, lokasi rest area dan rest area yang strategis untuk menghindari kemacetan dan kelelahan saat berkendara.

BACA JUGA:Mau Beli Mobil Buat Mudik? Lakukan 5 Hal Ini Dulu, Biar Gak Nyesek

3.  Gunakan GPS untuk membantu Anda bernavigasi

Gunakan teknologi GPS untuk membantu Anda menavigasi rute perjalanan dan menemukan jalan Anda dengan cara tercepat dan paling efisien. Ini dapat membantu mengurangi waktu tempuh dan konsumsi bahan bakar secara keseluruhan.

4.  Berkendara dengan kecepatan yang tepat

Mengemudi dengan kecepatan konstan dalam batas kecepatan akan membantu Anda menghemat bahan bakar dan membuat Anda dan pengguna jalan lainnya tetap aman.

5.  Hindari menggunakan cruise control di jalan berbukit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: