Punya Kandungan Nutrisi yang Baik, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Punya Kandungan Nutrisi yang Baik, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Air kelapa muda -Istock-

INFORADAR.ID - Pada bulan ramadan, pedagang buah kelapa banyak ditemui di pinggiran jalan atau di tempat pasar takjil. Pada momen setiap ramadan, pedagang buah kelapa biasanya selalu ramai karena banyaknya pembeli. 

Bukan tanpa alasan buah kelapa begitu dicari saat bulan ramadan. Buah ini sangat menyegarkan ketika diminum saat berbuka. 

Selain menyegarkan, air kelapa ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya dapat mengontrol gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi resiko terjadi kardiovaskular. 

Selain itu, minum air kelapa juga dapat meredakan gejala diare, mencegah terbentuknya batu ginjal, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan dapat mengatasi gejala asam lambung.

Untuk mendapatkan manfaat dari minum air kelapa tersebut, kamu tentunya disarankan untuk mengonsumsinya murni tanpa gula dan tanpa mencampurnya dengan es. Sslain itu, kamu disarankan untuk minum kelapa muda segar. 

Bermacam-macam manfaat minum air kelapa tersebut tidak lepas dari kandungan buah dengan nama latin cocos nucifera tersebut. Berdasarkan riset, air kelapa mengandung bermacam-macam mineral, gula vitamin dan asam amino esensial. 

Kandungannya tersebut membuat air kelapa dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Dibandingkan dengan minuman ringan lainnya, air muda kelapa memang mengandung nutrisi yang sangat baik dan dikategorikan minuman yang sehat dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi. 

Mengonsumsi air kelapa muda dengan daging buahnya juga sangat dianjurkan. Sebab, mengandung potensi gizi yang cukup baik.

Selain air kelapa muda, kamu juga dianjurkan untuk minum air kelapa muda. Kandungan air kelapa tua ternyata tidak kalah dengan kelapa muda.

Bahkan, dalam air kelapa tua kandungannya lebih banyak dibandingkan kelapa muda. Kandungan tersebut, adalah asam amino dan berbagai mineralseperti sodium, selenium, fosfor, kalium, dan zinc. 

Mengonsumsi air kelapa tua juga banyak manfaatnya. Diantaranya, menjaga saluran pencernaan, daya tahan tubuh, mengontrol kadar gula dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: