Ini Alasan Medis Mengapa Minum Air Es Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa

Ini Alasan Medis Mengapa Minum Air Es Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa

Ilustrasi berbuka puasa -iStock-

INFORADAR.ID - Air es atau air dingin biasanya selalu ada dalam hidangan berbuka puasa. Namun tahukah anda, mengonsumsi air es saat berbuka puasa ternyata tidak dianjurkan. 

Sebab, meski menyegarkan, minum air es mempunyai dampak buruk bagi organ pencernaan seperti lambung. 

Minum air es dapat menyulitkan lambung dalam mencerna makanan. Penyebabnya adalah terjadi kontraksi otot perut yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah kecil. 

Tentu saja akibatnya, lambung tidak dapat menyerap vitamin, nutrisi dan mineral yang terkandung dalam makanan. 

Minum air es atau dingin saat berbuka juga dapat mengganggu aliran darah ke usus dan lambung. Kondisi ini tentu saja dapat menimbulkan masalah pencernaan. 

Selain gangguan pencernaan, terdapat masalah yang ditimbulkan dari minum air es. Diantaranya:

BACA JUGA:Gampang Haus Saat Berpuasa, Coba Hindari Hal Ini

1. Sakit Tenggorokan

Minum air es saat berbuka puasa ternyata dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan pada saat kondisi imun turun, bakteri dan virus akan cenderung mudah untuk menginfeksi tubuh. Sehingga seringkali memicu radang tenggorokan.

Jika terkena radang tenggorokan dapat menimbulkan gejala lainnya, seperti sakit kepala dan demam. Kondisi ini tentunya dapat mengganggu kinerja atau aktivitas selama berpuasa. 

 2. Menyebabkan Kembung

Hal lain yang dapat tumbul dari minum air es saat berbuka adalah dapat menyebabkan kembung. Hal ini dikarenakan suhu dingin dapat membuat otot-otot perut mengencang dan mengalami kontraksi. 

3. Resiko Infeksi

Minum es yang tidak steril juga dapat menyebabkan resiko terkena infeksi. Bakteri dan kuman dapat hidup dan berkembang biak dalam es yang tidak bersih, terutama jika es dibuat dari air yang tidak higienis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: