Buka Pintu Rezeki di Bulan Ramadan, Ini Bacaan Niat Sholat Dhuha Beserta Doa Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Buka Pintu Rezeki di Bulan Ramadan, Ini Bacaan Niat Sholat Dhuha Beserta Doa Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Ilustrasi Wanita Sedang Berdoa--pexels/ Thirdman

INFORADAR.ID - Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu Dhuha, yaitu ketika matahari terbit di pagi hari dan mendekati waktu sholat Dhuha.

Sholat Dhuha disunnahkan dua rakaat dan batas maksimalnya adalah 12 rakaat. 

Adapun surah yang dibaca setelah Surat Al Fatihah, disunnahkan untuk membaca Surat As-Syamsu dan Ad- Dhuha atau Surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

Sholat Dhuha memiliki beberapa keutamaan diantaranya mendapatkan pahala yang banyak, dibukakan pintu rezeki, dan ampunan Allah, seperti halnya orang yang melakukan ibadah haji dan umrah.

Berikut ini adalah bacaan niat sholat Dhuha, beserta doa dan dzikir setelah sholat Dhuha.

1. Niat Sholat Dhuha

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى 

Ushallî sunnatad dhahâ rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya: “Saya niat shalat sunnah Dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Selain mendapatkan pahala yang besar dari melaksanakan sholat Dhuha, umat Muslim juga dianjurkan untuk berdoa dan berzikir setelah sholat dhuha.

BACA JUGA : Keutamaan Sholat Tarawih, Sholat yang Hanya Bisa Dilakukan Selama Ramadan

2. Doa Setelah Sholat Dhuha

اللهُمَّ إِنَّ الصَّحَاءَ ضَحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بهاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزَلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجُهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا (مُعَسَّرًا) فَيَسِرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهَرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرَبْهُ بِحَقِّ ضَحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِي مَا أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allâhumma innad dlaḥâa dlaḥâ’uka, wal bahâa bahâ’uka, wal jamâla jamâluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allâhuma in kâna rizqî fis samâ’i fa anzilhu, wa inkâna fil ardhi fa akhrijhu, wa inkâna musiran (mu’assaran) fa yassirhu, wa in kâna barâman fa thahhirhu, wa inkâna ba’îdan fa qarribhu, bi haqqi dlaḥâ’ika wa bahâ’ika wa jamâlika wa quwwatika wa qudratika âtinî mâ ataita ‘ibâdakas shâlihîn.

Artinya: “Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, kuasa ini adalah kuasa-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah. Dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.”

3. Dzikir Setelah Sholat Dhuha

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُورُ

Bacaan latin: Robbighfirlii watub 'alayya `innaka antat tawwaabul ghofuur. (dibaca 100 kali)

Artinya: "Ya Rabbi, ampunilah aku dan terimalah tobatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima tobat dan ampunan."

Itula bacaan niat sholat Dhuha, beserta doa dan dzikir setelah sholat Dhuha. Semoga informasi ini dapat membantu kamu.(*)

BACA JUGA : 5 Kebaikan yang Dianjurkan selama Ibadah Puasa Ramadan, Banyak Manfaat dan Pahalanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: