Akira Toriyama, Pencipta Dragon Ball, Ungkap Kelemahan Industri Manga

Akira Toriyama, Pencipta Dragon Ball, Ungkap Kelemahan Industri Manga

Sosok Akira Toriyama, pencipta Dragon Ball, yang kini telah wafat.-twitter.com-

INFORADAR.ID - Sebuah wawancara dengan Akira Toriyama, pencipta serial manga Dragon Ball yang populer, mengungkapkan biaya fisik yang sangat besar yang harus dihadapi oleh para seniman manga.

Senyum ceria Akira Toriyama saat menceritakan pelecehan yang ia alami di tangan mantan editornya menunjukkan bahwa ia tidak menyimpan dendam, namun tetap saja melukiskan gambaran yang tidak menyenangkan dari industri ini. Lebih buruk lagi, sebuah budaya yang masih menganggap remeh perlakuan kasar seperti itu.

Dilansir dari laman screenrant, wawancara ini awalnya dilakukan pada tahun 2018 untuk menandai ulang tahun ke-50 Weekly Shonen Jump. Dalam wawancara tersebut, Akira Toriyama berbagi kutipan karyanya dengan seniman manga Inoue Yuuhiko, yang terkenal dengan manga Slam Dunk.

Sambil mengagumi karya satu sama lain dan dengan senang hati mendiskusikan kondisi industri manga saat ini, beberapa komentarnya, meskipun penuh makna, juga menggambarkan apa yang mereka temui di tahun-tahun awal mereka.

BACA JUGA:Pencipta Dragon Ball, Akira Toriyama, Meninggal Dunia Pada Usia 68 Tahun

Di awal wawancara, Toriyama dan Inoue berbicara tentang pekerjaan mereka di majalah yang sangat populer yang diterbitkan pada tahun 1995.

Bagi Toriyama, ini berarti bahwa editor pertamanya, Kazuhiko Torishima yang terkenal, menuntutnya untuk menggambar dua bab dalam satu minggu.

Kelompok ini menganggap anekdot ini sebagai sesuatu dari masa lalu, tetapi pada kenyataannya industri manga masih menuntut tingkat pekerjaan yang berbahaya dari para penulisnya.

Eiichiro Oda diketahui tidur tiga sampai empat jam setiap malam dan tinggal terpisah dari keluarganya untuk berkonsentrasi menggambar One Piece, sementara Kubo Taito dari Bleach telah dirawat di rumah sakit beberapa kali karena sakit dan terlalu banyak bekerja saat menggambar Bleach.

BACA JUGA:Rahasia Oda Sensei yang Membuat One Piece Sukses Besar

Sementara itu, Kentaro Miura, pencipta tengara fantasi Berserk, meninggal dunia pada tahun 2021, dan banyak yang percaya bahwa kematiannya disebabkan oleh komplikasi kesehatan akibat jadwal kerjanya di masa-masa awal manga.

Humor dalam wawancara Toriyama menunjukkan bahwa para seniman manga memandang situasi mereka sebagai sesuatu yang normal.

Menurut logikanya, 'kesengsaraan melahirkan individualitas' dan darah, keringat dan air mata adalah tanda gairah, dilengkapi dengan budaya kerja keras yang dibanggakan di Jepang.

Memang, Torishima menjadi terkenal karena ketelitiannya dan Akira Toriyama bahkan menjadikannya karakter dalam manga komedi Dr Slump, tetapi dia juga mendorong para penulis untuk menjadikan Dragon Ball sebagai manga tersukses yang pernah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: screenrant.com