Persiapan Keuangan yang Bijak untuk Bulan Ramadan, Ini Tipsnya

Persiapan Keuangan yang Bijak untuk Bulan Ramadan, Ini Tipsnya

Seseorang yang sedang mempersiapkan keuangan--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Menyambut bulan Ramadan dengan penuh sukacita dan kedamaian membutuhkan persiapan yang matang, termasuk persiapan finansial.

Mengatur anggaran dengan bijak adalah kunci untuk merayakan bulan ramadan yang penuh berkah, agar bulan Ramadan ini, hati bisa lebih tenang tanpa stres dan kecemasan finansial.

Dalam artikel ini, kita akan melihat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan anggaran selama bulan Ramadan yang tentu pengeluarannya akan lebih banyak dari biasanya.

Perencanaan dan pengaturan keuangan yang matang akan membantu Anda menjalani bulan Ramadan dengan lebih tenang dan meriah, sehingga Anda dapat fokus beribadah dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan komunitas.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda anggarkan dalam anggaran Ramadan Anda

1.  Biaya untuk pulang kampung

Jika Anda pulang kampung atau mengunjungi sanak saudara selama bulan Ramadan, anggarkan biaya perjalanan seperti transportasi dan akomodasi.

BACA JUGA:Tips Atur Pola Makan Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

2.  Biaya oleh-oleh

Kebiasaan memberikan oleh-oleh saat berkunjung ke rumah orang lain adalah bagian dari budaya Ramadan yang menyenangkan. Siapkan anggaran untuk membeli oleh-oleh dan bingkisan yang sesuai dengan anggaran Anda.

3.  Biaya bukber

Bukber (berbuka puasa) dengan teman, keluarga atau kolega adalah kegiatan yang biasa dilakukan selama bulan Ramadan. Masukkan dalam anggaran Anda biaya makanan dan minuman untuk bukhbar.

4.  Pengeluaran untuk makanan dan minuman di luar rumah

Selama bulan Ramadan, Anda mungkin akan lebih sering makan di luar atau memesan makanan untuk berbuka puasa. Agar tidak membebani keuangan Anda selama bulan Ramadan, anggarkan biaya makan di luar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: