Atur Keuangan Agar Selalu Merasa Cukup dan Big No untuk Paylater

Atur Keuangan Agar Selalu Merasa Cukup dan Big No untuk Paylater

Potret orang yang hidup hemat sedang membut catatan bulanan.-freepik/@wirestock-

INFORADAR.ID – Hidup hemat dan pengelolaan uang tidak hanya penting, tetapi juga merupakan keterampilan yang dapat membuat kita berlatih untuk hidup merasa pas dan cukup. 

Kemampuan mengelola uang dengan bijak menjadi semakin penting dalam ekonomi yang terus berubah dan dalam menghadapi tantangan keuangan yang dapat muncul kapan saja. 

Mengelola uang bukan hanya tentang mengendalikan pengeluaran, tetapi juga tentang memastikan stabilitas dan kesinambungan dalam kehidupan ekonomi.

Dengan hidup hemat, kita belajar untuk menghargai setiap rupiah yang kita miliki, mengenali nilai dari setiap pengeluaran dan membuat keputusan pengelolaan sumber daya yang bijaksana. 

BACA JUGA:Rahasia Sukses Mahasiswa Hemat: Tips Anti Boncos untuk Pengelolaan Keuangan yang Efektif

BACA JUGA:Tambah Cuan Buat Ibu-Ibu Rumah Tangga, Ini Ide Bisnis yang Wajib Kamu Coba Bun

Tidak hanya menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran, tapi juga merencanakan masa depan dengan bijak, termasuk kebutuhan mendesak dan menabung untuk masa pensiun.

Cara Mengatur Keuangan

Agar dapat hidup hemat, kita bisa melakukan beberapa hal yang bisa mendorong kita untuk terbiasa dengan hidup yang lebih pas-pasan.

Kamubisa melakukan beberapa hal ini agar kamu bisa mengatur keuangan dengan sebaik mungkin, sebagaimana dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Budgeting Setiap Bulan

Mulailah untuk melakukan catatan keuangan setiap bulan dengan buat list-list pengeluaran, supaya tau kemana uang kita yang terpakai dan tahu yang mana bisa membuatkita lebih hemat.

Kamu bisa mengatur budget maks 3jt perbulan, atau juga bisa dengan nominalnya bebas dan maksimal 50% dari gaji, dan sisanya itu bisa untuk ditabung.

Tips:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: