Niat Puasa Ramadan untuk Satu Bulan Full Lengkap dengan Artinya

Niat Puasa Ramadan untuk Satu Bulan Full Lengkap dengan Artinya

Potret orang yang sedang melakukan niat untuk berpuasa di bulan Ramadan.-unsplash/@masjidmpd-

INFORADAR.ID – Berikut merupakan niat puasa Ramadan yang bisa Anda ucapkan untuk puasa satu bulan penuh di bulan suci Ramadan nanti.

Ramadan sudah semakin dekat, di mana seluruh umat muslim diwajibkan menunaikan ibadah puasa di bulan yang mulia ini

Tidak hanya itu, di bulan suci Ramadan ini juga, menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh umat muslin di seluruh penjuru dunia untuk berlomba-lomba dalam melaksanakan kewajibab dan amalan-amalan yang dianjurkan.

Tak terasa, tinggal menghitung hari saja, kita sudah akan menuju bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini, sehingga kita perlu mempersiapkan diri untuk menjalani hari-hari di bulan tersebut yang tentunya dalam keadaan tengah berpuasa.

Adapun kita harus sudah memantapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ini dan harus sudah mengahafal niat untuk berpuasa, karena niat merupakan salah satu syarat sah puasa dan termasuk sebagai rukun puasa.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa di Bulan Ramadan

Jika kita berfikir hanya ada niat berpuasa harian saja, namun padahal dalam Islam ini, ada aturan mengenai niat puasa Ramadan untuk satu bulan penuh.

Ada beberapa perbedaan pendapat di antara para ulama tentang niat puasa Ramadan untuk satu bulan penuh ini, ada yang memperbolehkan dan ada juga yang tidak memperbolehkannya atau harus mengulang setiap harinya.

Adapun yang memperbolehkan dalam melakukan niat puasa unuk satu bulan penuh ini berdaasarkan madzhab Malikiyah yang dilakukan di malam pertama bulan Ramadan.

Meskipun di Indonesia banyak yang menganut mazhab Syafi’I, namun nyatanya pendapat ini juga diterapkan oleh banyak umat muslim di Indonedia agar mengantisi pasi diri jika di kemudian hari lupa melafalkan niat berpuasa.

Dengan begitum puasa yang kita lakukan akan tetap sah-sah saja karena sudah membaca niat berpuasa untuk satu bulan penuh sebelumnya.

Hal ini didasarkan pada perkataan Wadifa dan Amariyah dalam Sabil al-Huda, sebuah karya KH A Idris Marzuqi, pengasuh Pondok Pesantren Lilboyo Kediri yang dilansir inforadar dari islam.nu.or.id:

“Untuk berjaga-jaga agar puasa tetap sah ketika suatu saat lupa niat, sebaiknya pada hari pertama bulan Ramadhan berniat taqlid (mengikut) pada Imam Malik yang memperbolehkan niat puasa Ramadhan hanya pada permulaan saja. Dan adanya cara tersebut bukan berarti membuat kita tidak perlu lagi niat di setiap harinya, tetapi cukup hanya sebagai jalan keluar ketika benar-benar lupa,” Kitab Sabil al-Huda, halaman 51.

BACA JUGA:Kebiasaan yang Wajib Dilakukan Biar Badan Kamu Gak Lemas Saat Bulan Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: