Resital Teater Kafe Ide, Ajak Masyarakat Melek Kelestarian Kesenian dan Kebudayaan Melalui Seni Pertunjukan

Resital Teater Kafe Ide, Ajak Masyarakat Melek Kelestarian Kesenian dan Kebudayaan Melalui Seni Pertunjukan

Pentas seni UKM Teater Kafe Ide Untirta.-UKM Teater Kafe Ide-

INFORADAR.ID – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Teater Kafe Ide, usai menggelar recital Kafe Ide pada Sabtu, 24 Februari 2024. 

Dilaksanakan di Gedung KNPI, KP3B, Jalan Syeh Nawawi Al-Bantani, Sukajaya, Curug, Kota Serang, sejumlah mahasiswa menampilkan bakat-bakatnya di bidang kesenian.

Pada penampilan yang ditunjukan, mengangkat kekayaan Sejarah masa lalu yang berseberangan dengan zaman sekarang. Bahkan di beberapa adegan yang ditampilkan, merekonstruksi aktivitas sosio-kultural.

Gerakan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat Banten pada abad XIX, menjadi pengemas seni pertunjukan teater yang utuh. Memadukan koreografi, audio hingga visual yang berseberangan, membuat pertunjukan lebih sempurna dengan pengemasan pertunjukan yang luar biasa.

Peristiwa yang ditampilkan diambil dari rentetan peristiwa Masyarakat Banten sepanjang abad XIX. Selain peristiwa, pada pertunjukan Resital Kafe Ide mempertunjukan kebiasaan seni yang tumbuh dalam masyarakat dulu hingga kini, seperti  jaipong, dangdut dan JJ (Jedag-Jedug).

Selain menampilkan pertunjukan, Pimpinan Produksi Resital Teater Kafe Ide Azizah Nurul Aini mengatakan, jika pertunjukan seni dan kebudayaan yang digelar juga menjadi ajang pengenalan UKM Teater Kafe Ide Untirta pada Masyarakat.

“Selain mengenalkan, kita juga mencari bakat-bakat terpendam dari mahasiswa Untirta di bidang seni peran,” katanya saat diwawancarai melalui sambungan telepon.

Setiap tahun, UKM Teater Kafe Ide dengan konsisten mengajak mahasiswa yang memiliki bakat di bidang seni untuk tetap melestarikannya. Selain itu, perkembangan kesenian dan kebudayaan, kata Azizah, sangat penting untuk diketahui oleh Masyarakat. Karena, dari situlah masyarakat akan mengetahui dan memperhatikan, sehingga bisa turut melestarikan kesenian dan kebudayaan yang dimiliki.

Pentas seni yang dilakukan selama dua sesi, dihadiri sebanyak 136 penonton. Diantaranya siswa dan guru-guru MAN 2 Kota Serang.

Kehadiran siswa serta guru MAN 2 Kota Serang, menjadi apresiasi bagi para pelakon serta acara Teater Kafe Ide.

Sejak 21 November 1998, Teater Kafe Ide Untirta konsisten menyebarkan hingga melestarikan kesenian dan kebudayaan khususnya di Banten.

Setelah digelar Resital Teater Kafe Ide, Azizah berharap, UKM Teater Kafe Ide Untirta, bisa menjadi wadah mahasiswa dalam mengembangkan bakatnya, khususnya di bidang seni.

“Dengan kegiatan resital, kami berharap para calon anggota baru Teater Kafe Ide, mendapatkan pengalaman dalam proses garapan teater, khususnya menjadi aktor dan tergabung dalam tim produksi,” harap nya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: