Cara Menjaga Anak Tetap Aman saat Online

Cara Menjaga Anak Tetap Aman saat Online

Ilustrasi cara agar anak tetap aman saat online.-Vika_Glitter-pixabay

INFORADAR.ID - Seiring bertambahnya usia anak Anda, ia mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk online. Cobalah cara menjaga anak tetap aman saat online ini.

Ya. Ada banyak manfaat dari online, namun hal ini tidak selalu menjadi pengalaman yang aman dan positif bagi anak-anak. Maka dibutuhkan hal khusus misalnya cara menjaga anak tetap aman saat online.

Memangnya seperti apa cara menjaga anak tetap Aman saat online? Simak ulasan INFORADAR.ID yang mengutip laman resmi UNICEF berikut ini.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu anak Anda memanfaatkan Internet dan teknologi digital secara maksimal dan melindungi mereka dari kemungkinan bahaya.

BACA JUGA:Rekomendasi Smartphone Samsung Galaxy yang Ideal untuk Anak Sekolah

1. Tetapkan aturan yang jelas

Berdiskusilah secara jujur dengan anak Anda tentang dengan siapa mereka berkomunikasi dan bagaimana caranya, serta siapa saja yang bisa melihat apa yang mereka unggah secara online.

Jelaskan bahwa semua yang mereka unggah secara online - foto, video, komentar, apa pun yang mereka bagikan kepada orang lain atau yang dibagikan orang lain kepada mereka - meninggalkan jejak informasi tentang anak tersebut.

Mereka harus sadar akan apa yang mereka katakan dan lakukan secara online untuk meninggalkan 'jejak digital' yang positif tentang diri mereka sendiri.

2. Gunakan teknologi untuk melindungi anak-anak

Pastikan perangkat anak Anda diperbarui dan menginstal perangkat lunak terbaru, dan atur pengaturan privasi untuk meminimalkan pengumpulan data sehingga orang lain tidak dapat melihat informasi yang tidak Anda inginkan.

Bantu anak Anda belajar menjaga kerahasiaan informasi pribadi. Jika pengaturan privasi tidak dilindungi, siapa pun dapat melihat informasi Anda.

BACA JUGA:Tebet Eco Park, Tempat Rekreasi Taman Kota Favorit Anak Jaksel

3. Habiskan waktu bersama saat online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: unicef