Anda Penderita Asam Urat? Yuk Hindari Beberapa Makanan Ini

Anda Penderita Asam Urat? Yuk Hindari Beberapa Makanan Ini

potret penderita asam urat--Sumber & Design Freepik

INFORADAR.ID - Bagi anda Penderita asam urat, anda disarankan untuk menghindari makanan tertentu karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Asam urat adalah produk sampingan dari pemecahan purin, dan ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak dapat menghilangkannya secara efisien, asam urat akan menumpuk di dalam darah.

Asam urat adalah senyawa yang terbentuk ketika tubuh mencerna purin, zat yang ditemukan dalam makanan dan juga diproduksi di dalam tubuh. Biasanya, asam urat dilarutkan dalam darah dan diekskresikan oleh ginjal.

Penderita asam urat sering kali perlu menjaga pola makan untuk mengelola gejala dan mencegah serangan asam urat yang lebih serius. Makanan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, sehingga harus dihindari.

1. Daging merah dan jeroan

Makanan tinggi purin, seperti daging merah (daging sapi, domba) dan jeroan hewan (hati, ginjal), dapat meningkatkan produksi asam urat. Penderita asam urat harus membatasi asupan daging merah dan jeroan.

BACA JUGA:Adakah Cara Herbal untuk Obati Asam Urat? Ini Dia Bahan Alami yang Bisa Kamu Konsumsi

2. Makanan laut

Makanan laut, terutama makanan yang kaya purin seperti kerang, sarden, dan ikan teri, dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Disarankan untuk mengonsumsi makanan laut dalam jumlah kecil atau menghindarinya jika memungkinkan.

3. Minuman beralkohol.

Alkohol dapat menghambat ekskresi asam urat dari tubuh dan meningkatkan produksinya. Penderita asam urat disarankan untuk membatasi atau menghindari minuman beralkohol, terutama bir dan minuman berbahan dasar bir.

4. Minuman berkarbonasi

Minuman bersoda yang mengandung fruktosa dapat meningkatkan risiko pengembangan asam urat. Penderita gout sebaiknya memilih minuman bebas gula atau air putih untuk menghindari peningkatan kadar asam urat.

5. Makanan cepat saji dan makanan olahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: