Ingin Punya Kulit Cerah Terawat? Lakukan Eksfoliasi Pada Tubuh Kamu Secara Menyeluruh

Ingin Punya Kulit Cerah Terawat? Lakukan Eksfoliasi Pada Tubuh Kamu Secara Menyeluruh

Potret seseorang yang sedang melakukan eksfoliasi tubuh menggunakan pasir.-@freepik-

3. Gosok dengan Lembut dari Pergelangan Kaki ke Atas.

Gosok kulit tubuh kamu dengan menggunakan spons dengan memberikan tekanan untuk merasakan kekasaran spons pada kulit guna mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan. 

Karena proses pengelupasan sel kulit mati ini menstimulasi sirkulasi darah, sehingga disarankan untuk memulai dari pergelangan kaki.

Saat melakukan eksfoliasi seluruh tubuh, berikan perhatian khusus padabagian tumit, siku dan lutut, karena bagian-bagian tersebut umumnya dianggap sebagai bagian kulit yang paling kering dan membutuhkan lebih banyak perhatian.

4. Tambahkan Pasir Basah atau Garam Pada Media Lulur

Butiran pasir merupaka eksfoliator alami dan memiliki tekstur butirannya yang sangat ideal untuk mengikis sel-sel kulit mati yang berlebih.

Adapun lulur garam ini bekerja dengan cara yang sama. Lulur yang berbahan pasir dan garam ini biasanya tersedia di semua toko kecantikan dan perawatan kulit.

Jika pasir akan digunakan sebagai media eksfoliasi kamu, pastikan agar pasir ini bisa dibersihkan dengan sebaikmungkin, karena mengambil pasir dari luar bisa saja menjadi pengembangan bakteri, yang bisa lebih berbahaya daripada manfaatnya sebagai media eksfoliasi. 

Pilihlah butiran pasir yang lebih kecil daripada butiran pasir yang besar. Fokuslah pada kulit yang keras, seperti di bagian lengan dan kaki, karena pasir itu lebih kuat.

BACA JUGA:Sering Mengalami Iritasi pada Kulit Wajah? Jangan Bingung, Ikuti Langkah Ampuh Berikut Ini

5. Bilas Menggunakan Air Hangat

Membilas tubuh di bagian akhir dalam proses eksfoliasi ini adalah cara yang memiliki fungsi untuk menenangkan dan efektif untuk menyelesaikan proses eksfoliasi. 

Disarankan untuk mengulangi proses ini setidaknya tiga kali dalam satu minggu dan kamu akan melihat kulit kamu menjadi lebih lembut.

Bahkan setelah melakukan eksfoliasi, kamu bisa mengoleskan pelembab atau shea butter setelah dibilas, sehingga akan membantu kulit mempertahankan kelembapan kulit tubuh.

Itulah merupakan beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit tubuh kamu dalam proses eksfoliasi sel kulit mati agar memiliki kulit yang lebih cerah dan terawatsecara emnyeluruh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: