Login ke Vihara Avalokitesvara, Wisata Banten yang Penuh Sejarah

Login ke Vihara Avalokitesvara, Wisata Banten yang Penuh Sejarah

Vihara Avalokitesvara, salah satu wisata [email protected]

INFORADAR.ID - Terletak di Kecamatan Kasemen, Provinsi Banten, Vihara Avalokitesvara merupakan salah satu vihara tertua di Indonesia.

Vihara Avalokitesvara konon dibangun pada abad ke-16 oleh Sunan Gunung Jati. Misionaris Muslim ini membangun Vihara Guanyin untuk melayani para pengikut istrinya yang masih menganut kepercayaannya.

Pembangunan Vihara Avalokitesvara dimulai pada tahun 1542 di desa Dermayon, dekat Masjid Agung Banten, dan pada tahun 1774 dipindahkan ke daerah Pamarican yang menjadi tempat berdirinya sampai sekarang.

Vihara Avalokitesvara merupakan objek wisata religi yang patut dikunjungi. Pengunjung dapat melihat bangunan bersejarah yang terawat dengan baik dan menyaksikan kemegahan arsitektur Cina kuno.

BACA JUGA:Wisata Banten Eksotis, Pulau di Pandeglang yang Menawan

Sebuah patung Buddha berukuran besar dan beberapa patung lainnya juga dapat dilihat di area biara.

Vihara Avalokitesvara juga menjadi tempat ibadah bagi umat Buddha dan tempat meditasi bagi para peziarah yang ingin merenungkan kehidupan mereka lebih dalam.

Vihara Avalokitesvara merupakan salah satu tempat wisata religi terbaik di Provinsi Banten. Bangunan ini sudah ada sejak abad ke-16 dan dibangun oleh Sunan Gunung Jati untuk menampung murid-murid istrinya Putri Ong Tien, seorang penganut kepercayaan.

Pengunjung dapat melihat bangunan bersejarah dari Cina kuno, serta patung Buddha besar dan tempat ibadah dan meditasi Buddha lainnya bagi para peziarah untuk merenungkan kehidupan mereka.

BACA JUGA:Terkenal Mistis, Wisata Banten Gunung Karang Malah Jadi Tempat Hiking Seru Anak Muda

Versi kedua adalah Vihara Avalokitesvara yang didirikan pada tahun 1652 dan mengandung banyak cerita dan legenda, menurut laman Indonesiaakaya.

Mulai dari bentuk bangunannya yang masih utuh, pintu gerbang yang atapnya dihiasi dua naga dan patung-patung yang berada di sisi vihara, yang menceritakan kemegahan Banten tempo dulu.

Vihara ini juga melayani tiga agama: Konghucu, Tao dan Buddha. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika vihara ini menjadi bagian dari warisan budaya Daerah Banten.

Vihara Tri Dharma atau Vihara Avalokitesvara merupakan salah satu situs peninggalan Kerajaan Banten yang masih terawat dengan baik hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesiakaya.com