Sadarkan Bahaya Kebocoran Arus Listrik, Mahasiswa Untirta Adakan Sosialisasi Bahaya Instalasi Listrik

Sadarkan Bahaya Kebocoran Arus Listrik, Mahasiswa Untirta Adakan Sosialisasi Bahaya Instalasi Listrik

Penyerahan sertifikat oleh ketua pelaksana kepada pemateri (kedua dari kanan).-Rafly-

INFORADAR.ID - Dalam menyadarkan masyarakat Desa Padasuka tentang bahaya kebocoran arus listrik, sekelompok mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan sosialisasi bahaya instalasi listrik, pada Senin, 22 Januari 2024.

Sosialisasi bahaya instalasi listrik diselenggarakan di Balai Desa Padasuka, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perangkat Desa, RT, RW,  kepala dusun Desa Padasuka hingga mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Babunnajah Pandeglang.

Sekelompok mahasiswa Untirta yang tergabung dalam Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 58, yang mengadakan sosialisasi bahaya instalasi listrik, dengan tujuan memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang bahaya listrik dan penggunaannya.

Menghadirkan pemateri yang berkompeten di bidangnya yaitu dosen teknik elektro Untirta Endi Permata, sebanyak 18 orang hadir dalam forum sosialisasi bahaya instalasi listrik. 

Tidak begitu formal, sosialisasi bahaya instalasi listrik berjalan dengan penuh interaksi antara pemateri dan peserta.

Dalam sosialisasi bahaya instalasi listrik, Endi Permata menjelaskan tentang bahaya listrik bagi manusia, dampak sengatan listrik hingga Bahaya kebakaran dan ledakan akibat listrik.

Tidak hanya itu, Endi Permata juga menyampaikan tentang keamanan pengobatan terapi listrik yang masih digunakan, oleh masyarakat Desa Padasuka.

Ketua pelaksana Faiz Ikhwan Firmansyah mengungkapkan, adanya sosialisasi bahaya listrik tidak lain untuk mengedukasi masyarakat Desa Padasuka tentang penggunaan listrik. 

“Masalah perkabelan masih banyak yang salah, jadi membantu warga lebih tereduksi dalam instalasi listrik di rumahnya,” ungkapnya.

Faiz juga berharap, adanya sosialisasi bahaya instalasi listrik bisa mengurangi masalah instalasi listrik yang terjadi di Desa Padasuka. Selain itu, ia juga berharap masyarakat bisa menangani jika terjadi masalah instalasi listrik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: