Ingat, Pajero Sport dan Fortuner Bukan untuk Kebut-Kebutan di Jalan Tol, Berikut Risikonya

Ingat, Pajero Sport dan Fortuner Bukan untuk Kebut-Kebutan di Jalan Tol, Berikut Risikonya

Seorang petugas Satlantas tengah mengevakuasi kendaraan Pajero Spot yang ringsek kecelakaan-Instagram @autotivo-

INFORADAR.ID - Mitsubushi Pajero Sport dan Toyota Fortuner adalah dua mobil yang begitu familiar di Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum, dua mobil ini juga terkenal berkat arogansi pemiliknya di jalan raya dan jalan tol.

Kebut-kebutan, meliuk-liuk di jalanan dan mengklakson pengendara yang ada didepannya sudah menjadi tradisi dari pemilik dua mobil ini. 

Namun, yang harus diperhatikan adalah, mobil SUV semacam Pajero Sport dan Fortuner bukanlah mobil yang didesain untuk kebut-kebutan di jalan raya dan jalan tol. Berbagai risiko kecelakaan fatal akibat ngebut di jalan tol dapat terjadi pada pemilik mobil SUV ini.

Dilansir dari Instagram Autotivo, pada Selasa 16 Januari 2023, Praktisi Ksselamatan Berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menyebut, mobil-mobil SUV ladder frame seharusnya tidak dijadikan kendaraan untuk kebut-kebutan di jalan raya dan jalan tol.

"Sebab mobil dengan dimensi bongsor itu bisa kehilangan kestabilan jika dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan tol," ujar Sony.

Lanjut Sony, ketika digunakan ngebut di jalan tol, kestabilan mobil SUV ini mungkin tidak sebaik kendaraan dengan jenis sasis monokok. 

"Kestabilan kendaraan yang labil di kecepatan tinggi dapat mempengaruhi handling dan bisa berakibat fatal jika pengemudinya tidak sigap," jelasnya.

Menurut Sony, risiko yang sering terjadi ketika memacu SUV bongsor di kecepatan tinggi adalah selip atau bahkan mudah terbalik. Hal itu bisa diakibatkan oleh terpaan angin dari depan maupun samping.

Sekilas pengertian mobil SUV. Dilansir id.m.wikipedia.org, SUV adalah songkatan dari Sport Utility Vehcle atau Kendaraan Utilitas Olahraga, merupakan klasifikasi mobil penumpang namun dibangun di atas kerangka truk ringan.

Biasanya mobil yang digolongkan sebagai SUV dilengkapi dengan penggerak 4 roda (4x4) agar bisa digunakan untuk melibas medan berat (off-road). Meskipun begitu, banyak mobil SUV di Indonesia yang tidak dilengkapi dengan penggerak 4 roda (4x4). 

Merk mobil SUV yang dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (4x4) di antaranya Toyota Land Cruiser, Jeep Wrangler, beberapa varian Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport, dan lain-lain

Ciri khas mobil SUV biasanya dipasang ban serep di belakangnya dan memiliki jarak yang tinggi dari tanah.

Masih dilansir  id.m.wikipedia.org, Pajero Sport mulai diproduksi di Jepang tahun 1996, dan mulai diekspor keluar tahun 1997. 

Di beberapa negara, mobil ini dinamai berbeda, seperti Nativa (Amerika Tengah), Montero Sport (Amerika Utara), Shogun Sport (Inggris), dan G-Wagon (Thailand). Semakin meningkatnya popularitas mobil ini, maka Mitsubishi membuat pabrik perakitan di China tahun 2003. Generasi kedua mobil ini mengambil platform yang sama dengan Mitsubishi Triton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: