Bahaya, Inilah Efek Samping Konsumen Vitamin yang Berlebihan

Bahaya, Inilah Efek Samping Konsumen Vitamin yang Berlebihan

Ilustrasi over dosis vitamin --Freepik @diana.grytsku

INFORADAR.ID - Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh untuk menjalankan fungsi biologis yang penting.

Vitamin berperan dalam metabolisme, pertumbuhan, dan fungsi normal sel dan jaringan. Vitamin tidak diproduksi secara alami oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan atau suplemen.

Tetapi, Meskipun vitamin penting untuk kesehatan, asupan yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya. Bahaya overdosis vitamin adalah sebagai berikut:

1. Vitamin A : Sakit kepala dan pusing.

Asupan vitamin A yang berlebihan menyebabkan sakit kepala dan pusing karena peningkatan tekanan darah, yang berdampak negatif pada pembuluh darah di kepala.

2. Vitamin B6 : kerusakan saraf

Asupan vitamin B6 yang berlebihan menyebabkan kerusakan saraf karena transmisi sinyal antara beberapa sel saraf tidak berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Rekomendasi Vitamin dan Mineral yang Dapat Membantu Meningkatkan Energi

3. Vitamin C : batu ginjal

Asupan vitamin C yang berlebihan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Hal ini karena sebagian besar vitamin C diekskresikan melalui urin, membentuk senyawa kristal yang dikenal sebagai batu ginjal.

4. Vitamin D : osteoporosis

Asupan vitamin D yang berlebihan menyebabkan osteoporosis dan mengurangi kepadatan tulang. Ini karena asupan vitamin D yang berlebihan mengganggu fungsi vitamin K2, yang menahan kalsium dalam tulang.

5. Vitamin E : stroke

Asupan vitamin E yang berlebihan dapat menyebabkan stroke karena menipiskan lapisan pembuluh darah, menyebabkan pembuluh darah bocor atau pecah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: