Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tidak Terserang Flu Batuk saat Pancaroba

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tidak Terserang Flu Batuk saat Pancaroba

Potret seseorang yang mengalami flu batuk--Freepik @stocking

INFORADAR.ID - Selama pancaroba, banyak orang menderita pilek dan batuk karena perubahan suhu dan kelembapan memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Paparan suhu yang tidak stabil melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memudahkan virus masuk ke dalam tubuh. Hal ini menyebabkan sejumlah gejala seperti pilek, batuk, dan sakit tenggorokan.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan segala upaya untuk meringankan gejalanya. Penting untuk beristirahat yang cukup, minum banyak cairan, atau minum obat yang sesuai.

Perubahan kondisi cuaca akibat pandemi meningkatkan kemungkinan terserang flu atau batuk. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

1. Istirahat yang cukup.

Salah satu cara yang pasti untuk beristirahat saat pilek atau batuk adalah dengan tidur yang cukup. Tidur memungkinkan tubuh untuk fokus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Sering Nyeri Otot Sehabis Liburan? Ikuti 7 Tips Atasi Pegal Linu untuk Anda Anda yang Gemar Bepergian

Tubuh menggunakan tidur untuk memproduksi protein penting di otak. Protein spesifik ini dirancang untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memungkinkannya melawan infeksi.

2. Konsumsi makanan tertentu

Ada beberapa makanan tertentu yang dapat dikonsumsi untuk meringankan gejala pilek dan batuk. Misalnya, buah jeruk, buah beri, sayuran hijau, jahe, pisang, teh panas, sup ayam, bawah putih dan makanan lain yang kaya vitamin dan antioksidan.

3. Menjaga kebutuhan tubuh akan air

Asupan cairan yang cukup berperan penting dalam mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan pada penderita batuk. Hal ini juga membantu meredakan gejala pilek dan mendorong keluarnya lendir.

4 Gunakan pelembab udara

Udara yang kering dapat memperburuk batuk. Pelembap membantu meredakan iritasi tenggorokan dan saluran napas dengan meningkatkan kelembapan.

Pelembap juga melembutkan lendir di hidung, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dengan demikian, pelembap udara mengurangi hidung tersumbat pada penderita pilek.

5. Obat-obatan.

Terakhir, obat-obatan tertentu dapat diminum, termasuk parasetamol, STM, pseudoefedrin HCI, dan guaifenesin.

Nah, itulah agar tidak terserang flu saat sedang pancaroba. Tetap jaga kesehatan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit.(*)

BACA JUGA:Bingung Mengatasi Flu dan Batuk? Coba Konsumsi Lengkuas Sekarang Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: