Inilah Cara agar Tetap Langsing Walau Sering Snacking

Inilah Cara agar Tetap Langsing Walau Sering Snacking

Ilustrasi seseorang yang sedang memikirkan makanan--Freepik @storyset

INFORADAR.ID - Banyak orang yang suka ngemil tetapi takut berat badannya bertambah. Faktanya, itu semua tergantung pada makanan apa yang Anda pilih untuk ngemil. Faktanya, Anda bisa ngemil makanan sehat dan porsi kecil di antara waktu makan. Beberapa contohnya adalah buah, yoghurt, dan kacang-kacangan.

Camilan adalah makanan ringan dalam porsi kecil yang dimakan di antara waktu makan. Faktanya, ngemil tidak selalu menyebabkan kenaikan berat badan. Ngemil makanan sehat yang kaya nutrisi, protein, serat, dan lemak sehat dapat membantu Anda tetap langsing sekaligus membuat Anda merasa kenyang.

Ngemil membantu mengurangi rasa lapar dan mempertahankan rasa kenyang, sehingga menjaga kontrol berat badan. Ngemil yang sehat adalah bagian dari diet sehat dan membantu menurunkan berat badan.

Jadi, apa saja camilan sehat yang membuat tubuh Anda tetap kencang?

1. Porsi kecil

Karena total kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda, maka idealnya adalah enam kali makan dalam porsi kecil dalam sehari: tiga kali makan besar (sarapan, makan siang, dan makan malam) dengan tiga kali camilan di antara waktu makan besar.

2. Cara ngemil di antara waktu makan

Selama Anda makan dalam jumlah yang tepat, berat badan Anda tidak akan bertambah karena ngemil. Idealnya, camilan rendah kalori adalah 120-150 kkal per porsi. Camilan ini harus dibagi menjadi tiga porsi dalam 2-3 jam setelah waktu makan utama (sarapan, makan siang, dan makan malam) dan setiap porsi harus 10%, yaitu 30% dari total kebutuhan kalori Anda untuk hari itu. Contoh: jika kebutuhan kalori = 1500 dan komposisinya 30%, total camilan harian adalah 450 kkal.

BACA JUGA:Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil dan Ideal

3. Mengapa ngemil itu penting?

Banyak orang mengatakan bahwa ngemil dapat menyebabkan kenaikan berat badan, tetapi kenaikan berat badan disebabkan oleh ketidakseimbangan energi yang masuk dan keluar dari tubuh, dan kelebihan energi disimpan sebagai lemak. Jika Anda ingin memiliki tubuh langsing dan sempurna, penting untuk mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang tepat setiap hari. Perhatikan kebutuhan kalori harian Anda, harus seimbang dan tidak melebihi kandungan kalori setiap kali makan.

4. Manfaat ngemil

Camilan tidak boleh dilarang:

- Menstabilkan kadar gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: