Mau Atasi Jerawat yang Membandel? Lakukan 6 Hal Ini, Dijamin Kulit Cerah Bersinar

Mau Atasi Jerawat yang Membandel? Lakukan 6 Hal Ini, Dijamin Kulit Cerah Bersinar

Potret perempuan yang memiliki masalah jerawat yang membandel.-freepik/@wayhomestudio-

3. Gunakan Pelembab

Pelembab membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan membuat perbedaan besar untuk kulit berjerawat. 

Jika kulit Anda sangat kering, minyak (sebum) diproduksi untuk mengatasi kekeringan. Seperti disebutkan di atas, sebum yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat.

Namun, banyak pelembab yang mengandung minyak, pewangi sintetis atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

Sebelum membeli pelembab, periksa daftar bahannya untuk memastikan tidak berbau dan tidak komedogenik.

BACA JUGA:Cara Menjaga kesehatan Kulit Agar Terhindar dari Jerawat Punggung

4. Lakukanlah Trirmen Over-The-Counter

Over-The-Counter (OTC) atau obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu menyembuhkan jerawat dan bahkan mencegah pertumbuhannya.

Penggunaan perawatan yang dijual bebas secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan, jadi penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan dari pabriknya.

Apa yang perlu Anda ketahui tentang bahan aktif paling umum yang dapat Anda mencari resep OTC, berupa:

- Benzoyl peroxida : Benzoil peroksida paling efektif pada jerawat yang meradang seperti kista dan benjolan merah, karena membunuh bakteri penyebab jerawat.

- Salicylic Acid : Bahan ini sangat ideal untuk jerawat dan jerawat karena mencoba menghilangkan pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan.

- Sulfur/Belrang : Belerang merupakan komponen alami dan biasanya lebih ringan dari 2 di atas. Belerang juga dapat mengeringkan sel kulit mati untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyerap sebum berlebih.

Jika Anda tidak yakin perawatan jerawat yang dijual bebas mana yang paling cocok untuk kulit Anda atau tujuan khusus kulit Anda, ada baiknya menghubungi dokter kulit untuk mendapatkan pendapat spesialis kulit Anda.

Dokter kulit dapat memberikan rekomendasi produk profesional, serta rekomendasi tentang kemungkinan interaksi obat yang harus diingat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: