Ikuti 5 Cara Kesehatan Ini untuk Tetap Sehat Sampai di Usia Tua

Ikuti 5 Cara Kesehatan Ini untuk Tetap Sehat Sampai di Usia Tua

ilustrasi seseorang yang memiliki tubuh sehat walau sudah lanjut usia--sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Kesehatan merupakan nilai penting yang harus selalu dijaga. Dengan demikian kita dapat menjaga kesehatan, bersemangat dalam beraktivitas dan terhindar dari berbagai penyakit tidak menular (PTM) yang dapat merusak dan membahayakan tubuh.

Hal yang dapat dilakukan oleh anda untuk menjaga Kesehatan adalah dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan, seperti konsumsi alkohol, obesitas, kurang beraktivitas fisik dan berolahraga, serta konsumsi gorengan yang berlebihan.

Seiring bertambahnya usia, penuaan sel-sel tubuh menyebabkan berbagai masalah Kesehatan tubuh. Fungsi dan kemampuan penglihatan, pendengaran, dan motorik akan menurun seiring bertambahnya usia. 

Dilansir dari Kementrian Kesehatan Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan di usia tua

1. Makanlah 400 g/5 kali makan sehari makanan bergizi seperti sayur dan buah.

Jangan hanya fokus pada karbohidrat saat Anda makan. Cobalah untuk mengisi piring Anda dengan berbagai macam makanan, termasuk sayur dan buah. Mengutip situs web Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa harus makan setidaknya 400 gram sayur dan buah setiap hari.

Selain menyantapnya sebagai lauk, Anda juga bisa mengonsumsi sayur dan buah sebagai camilan sehat seperti salad dan smoothie bowl setiap hari. Pola makan yang sehat akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan kanker.

BACA JUGA:5 Manfaat Kesehatan Tubuh dari Daun Jambu Biji yang Jarang diketahui

2. Berolahragalah secara teratur setidaknya 30 menit sehari dan 150 menit seminggu.

Olahraga teratur membuat Anda tetap aktif, sehingga tubuh Anda tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Orang dewasa (usia 18-64 tahun) membutuhkan setidaknya 150 menit aktivitas fisik setiap minggunya.

Selain menjaga kesehatan fisik, olahraga teratur dapat mengurangi stres dan membantu menjaga kesehatan mental. Pastikan untuk menyesuaikan jenis olahraga dengan kondisi fisik Anda.

3. Berhenti merokok atau hindari paparan asap rokok dan residu rokok.

Bahaya asap rokok bagi kesehatan Anda sudah bukan rahasia lagi. Salah satu cara untuk melindungi kesehatan adalah dengan menghindari perokok pasif, dan bagi perokok aktif sebaiknya berhenti merokok.

4. Berhentilah mengonsumsi alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: