5 Manfaat Kesehatan Tubuh dari Daun Jambu Biji yang Jarang diketahui

5 Manfaat Kesehatan Tubuh dari Daun Jambu Biji yang Jarang diketahui

potret pohon jambu batu --Unsplash @anisa Wulan Sari

INFORADAR.ID - Siapa yang tidak tahu tentang daun jambu biji? Daun tanaman ini kaya akan manfaat kesehatan tubuh yang sudah tidak diragukan lagi bagi kebanyakan orang. 

Sejak zaman kuno, ekstrak daun jambu biji telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan tubuh. Indikasi yang paling terkenal dari daun jambu biji adalah sebagai obat diare.

Nutrisi dalam daun jambu biji dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh. daun jambu biji mengandung banyak zat bermanfaat seperti antioksidan, vitamin C, dan flavonoid. Daun jambu biji mengandung banyak zat bermanfaat seperti antioksidan, vitamin C, dan flavonoid.

Berikut ini ad 5 manfaat mengejutkan dari daun jambu biji untuk kesehatan.

1. Anti diare.

Nutrisi dalam daun jambu biji dapat membunuh bakteri penyebab diare: Menurut sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat Staphylococcus aureus yang menyebabkan diare. Nutrisi dalam daun jambu biji juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Menstabilkan kolesterol.

Konsumsi ekstrak daun jambu biji secara teratur setiap hari diduga dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain menstabilkan, meminum teh daun jambu biji secara teratur dengan porsi yang tepat dapat mengurangi kelebihan kolesterol dalam tubuh.

BACA JUGA:Penting, Manfaat Daun Bayam untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengurangi risiko diabetes

Beberapa senyawa aktif yang terdapat pada daun jambu biji, salah satunya adalah flavonoid, membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah di dalam tubuh. Senyawa ini juga menghambat produksi glukosa yang berlebihan di dalam tubuh akibat konsumsi makanan manis. Beberapa studi klinis yang dilakukan oleh para ahli di Jepang menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Pencegahan penuaan

Apakah Anda ingin tetap awet muda dan sehat? Konsumsi teh daun jambu biji secara teratur dengan porsi yang sesuai sangat dianjurkan. Daun jambu biji diduga mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas penyebab penuaan dini.

Nutrisi dalam daun tanaman ini juga dipercaya dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit dari dalam serta melindunginya dari berbagai masalah seperti jerawat, flek hitam dan noda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: