Ini Khasiat Saffron yang Bisa Bikin Kamu Jadi Lebih Bahagia, Badmood Auto Minggat

Ini Khasiat Saffron yang Bisa Bikin Kamu Jadi Lebih Bahagia, Badmood Auto Minggat

Bunga Saffron yang sedang di panen-Two Brother Organic Farms India-

INFORADAR.ID - Bunga Saffron merupakan salah satu rempah-rempah termahal di dunia. Untuk mendapatkan 450g Saffron, petani mengumpulkan 75.000-125.000 bunga. Satu kilogram Saffron dipatok dengan harga Rp 52. juta - 2,3 miliar.

Sesuai dengan harga, Saffron memiliki banyak khasiat untuk pengobatan. Saffron merupakan tanaman yang digunakan untuk kebutuhan medis dan obat herbal karena banyak manfaat yang diberikan Saffron bagi kesehatan tubuh manusia.

Bunga Saffron termasuk dalam keluarga Iridaceae, dan tumbuh di pegunungan Timur Tengah, Turky, Iran, dan Kashmir. Di negara Timur Tengah Saffron digunakan untuk pewarna makanan dan bumbu. 

Namun siapa sangka, ada salah satu manfaat dari tanaman yang dominan berwarna ungu ini, yakni bunga Saffron mampu meningkatkan mood kamu jadi lebih bahagia. Dikutip dari berbagai sumber, memang banyak manfaat Saffron tetapi manfaat meningkatkan mood jauh lebih bahagia merupakan kelebihan dari tanaman ini.

Bagian Saffron yang digunakan untuk pengobatan yakni, pada tangkai putik nya. Bagian tersebut akan dikeringkan dan diambil oleh petani Saffron karena memiliki banyak khasiat salah satunya meningkatkan mood jauh lebih bahagia.

Saafron dapat dikonsumsi, sebagai makanan sehat. Bisa diminum seperti teh, menjadi bumbu makanan, dan dicampur dengan berbagai makanan. Suplemen pada Saffron diketahui mampu mengobati depresi ringan hingga berat.

BACA JUGA:Kesehatan Kulitmu 100 Persen Terjaga Jika Kamu Mengkonsumsi Makanan Ini

Namun perlu diingat juga, walau dapat meningkatkan mood lebih baik dan mengobati depresi. Tetap bila depresi berat tidak dapat diobati dengan Saffron karena Saffron bukan obat. Tetap jika gangguan mood dan mental berat harus melalui psikiater.

Untuk mendapatkan Saffron, para petani akan memanenua petani harus memanen manual menggunakan tangan supaya saffron tetap utuh. Waktu pemetikannya dilakukan ketika matahari belum terbit. Inilah keunikan dari Saffron sehingga harganya mahal.

Bunga Saffron juga hanya mekar dalam waktu seminggu setiap tahun, salah satunya yang menjadikan saffron menjadi tumbuhan langka dan mahal. Tekstur putik dan bunga Saffron halus dan berukuran kecil, membutuhkan waktu proses pemetikan minimal enam jam sehari.

Untuk mendapatkan Saffron saat banyak yang menjualnya melaui online dengan harga yang beragam, ada yang harganya Rp 120 ribu hingga jutaan tergantung kondisi dari Saffron.

Manfaat Saffron bagi Kesehatan :

1. Mencegah serangan jantung

2. Menurunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: