Tag TikTok untuk Menampilkan Konten yang Dibuat oleh Kecerdasan Buatan atau AI

Tag TikTok untuk Menampilkan Konten yang Dibuat oleh Kecerdasan Buatan atau AI

Ilustrasi TikTok meluncurkan lata pendeteksi konten buatan AI.-cottonbro studio-pexels.com

INFORADAR.ID - Karena semakin banyak kreator yang memanfaatkan artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan kreativitasnya, TikTok ingin mendukung praktik pembuatan konten yang transparan dan bertanggung jawab.

Sebagai bagian dari upaya ini, TikTok terus berinvestasi dalam literasi media untuk meningkatkan kreativitas sambil memberikan konteks penting kepada orang-orang tentang konten yang mereka lihat.

Dilansir dari laman tiktok.com, TikTok meluncurkan alat baru untuk membantu pembuat konten menandai konten yang dibuat oleh kecerdasan buatan. TikTok juga akan mulai menguji bagaimana konten yang dibuat oleh kecerdasan buatan akan ditandai secara otomatis.

Kecerdasan buatan memungkinkan peluang kreatif yang luar biasa, tetapi dapat membingungkan atau menyesatkan pemirsa jika mereka tidak menyadari bahwa konten dibuat atau diedit dengan kecerdasan buatan.

BACA JUGA:10 Akun TikTok dengan Followers Terbanyak di Dunia 2023

Menandai konten dapat membantu mengatasi masalah ini dengan menjelaskan kepada pemirsa saat konten telah dimodifikasi atau diubah secara signifikan oleh teknologi kecerdasan buatan.

Itulah mengapa TikTok meluncurkan alat baru untuk memudahkan pembuat konten memberi tahu komunitas saat mereka memposting konten yang dibuat oleh AI.

Tag baru ini akan membantu kreator menampilkan inovasi di balik konten mereka, termasuk konten yang dibuat seluruhnya oleh kecerdasan buatan atau banyak diedit, dan juga akan mempermudah kepatuhan terhadap kebijakan media sintetis dari pedoman komunitas yang kami sajikan awal tahun ini. 

Kebijakan tersebut umumnya mengharuskan pemirsa untuk memahami konteks video dan menandai konten buatan AI yang berisi gambar, audio, atau video realistis untuk mencegah kemungkinan penyebaran konten yang menyesatkan. 

BACA JUGA:11 Aplikasi Mirip TikTok yang Perlu Dicoba, Gak Kalah Keren Soalnya

Untuk membantu komunitas kami mempelajari bagaimana dan mengapa tag ini digunakan, kami akan terus memposting video dan sumber daya pendidikan dalam beberapa minggu mendatang untuk memastikan bahwa lencana ini, serta lencana akun terverifikasi dan tag konten bermerek, digunakan oleh pembuat konten dan pemirsa untuk berbagi dan mengontekstualisasikan konten.

TikTok berharap ini akan menjadi alat lain untuk membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda.

TikTok juga terus mencari cara untuk menandai konten yang dibuat oleh kecerdasan buatan secara otomatis. Beberapa waktu lalu TikTok mulai menguji tag "buatan AI", yang kami rencanakan untuk diterapkan secara otomatis ke konten yang pada akhirnya terdeteksi telah diedit atau dibuat dalam kecerdasan buatan.

Untuk memperjelas produk bertenaga AI kami, kami telah mengganti nama efek AI kami di TikTok agar secara eksplisit menyertakan "AI" dalam nama dan tag efek yang relevan, dan memperbarui pedoman kami untuk memungkinkan pembuat rumah efek melakukan hal yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tiktok.com