Menjelajahi Tempat Ziarah di Kawasan Kesultanan Banten, Insyaa Allah berkah

Menjelajahi Tempat Ziarah di Kawasan Kesultanan Banten, Insyaa Allah berkah

Masjid Agung Banten Lama dengan payung raksasa di halaman depannya. Dalam komplek masjid ini terdapat Makam Sultan yang menjadi destinasi ziarah. Foto: M Widodo--

Dulu terdengar kabar jika seorang santri dari Sunan Ampel tersebut bisa berubah menjadi seekor ayam jago. Walaupun belum terbukti, namun cerita itu banyak mengundang antusiasme penziarah.

5. Makam Pangeran Sabrang Lor

Makam Pangeran Sabrang Lor terletak di Jalan Kampung Suka Jaya Nomor 03, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten atau dekat dekat dengan Vihara Valaokitesvara.

Ia adalah menantu Raden Fatah, pendiri Demak dikenal juga dengan julukan Pangeran Sabrang Lor (sabrang=menyeberang, lor=utara), karena pernah menyeberangi Laut Jawa menuju Malaka untuk melawan Portugis.

6. Makam Ki Buyut Beiji

Makam Ki Buyut Beji terletak di Kampung Terumbu, Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen Kota Serang, Banten.

Ki Buyut Beji dikenal dengan nama Ki Terumbu. Ia merupakan ulama besar Banten pada abad 15, sebelum Sultan Maulana Hasanudin menjadi Sultan di kerajaan Banten.

7. Makam Pangeran Aspati atau Mulyasmara

Sultan Pangeran Aspati atau Mulyasmara adalah salah seorang tokoh di Banten yang diperkirakan berasal dari Masyarakat Baduy. Ia yang masuk Islam dan mengabdikan dirinya kepada Kesultanan Banten.

Makam Pangeran Aspati atau Mulyasmara terletak di Desa Kasunyatan Kec. Kasemen Kota Serang.

8. Makam Pangeran Arya Mandalika

Pangeran Arya Mandalika adalah Putra Sultan Maulana Yusuf dari Isteri yang lain (bukan Permaisuri Ratu Khadijah). Ia menjabat sebagai panglima perang merangkap Menteri.

Lokasi makamnya terletak di Kampung Kroyo, sebelum Kraton Kaibon Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Selain ziarah ke Kawasan Kesultanan Banten, Anda juga dapat berziarah ke sejumlah makam diluar kawasan kesultanan Banten, diantaranya makam Sultan Ageng Tirtayasa, Pangeran Ratu, Sultan Maulana Muhammad, Sultan Zainul Abdin dan lainnya. (*)

BACA JUGA:Inilah 10 Tradisi Perayaan Tahun Baru Islam di Provinsi Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: