Menjelajahi Tempat Ziarah di Kawasan Kesultanan Banten, Insyaa Allah berkah

Menjelajahi Tempat Ziarah di Kawasan Kesultanan Banten, Insyaa Allah berkah

Masjid Agung Banten Lama dengan payung raksasa di halaman depannya. Dalam komplek masjid ini terdapat Makam Sultan yang menjadi destinasi ziarah. Foto: M Widodo--

INFORADAR.ID - Ziarah merupakan salah satu tradisi saat mengunjungi pemakaman. khususnya di Kawasan Kesultanan Banten. Hal ini tak dapat dipisahkan dari sejarah dan tradis. 

Ziarah tak dapat lepas dari kesan sakral. Hingga saat ini ziarah erat sekali hubungannya dengan makam orang atau tokoh yang diagungkan.

Salah satu tempat yang banyak didatangi peziarah adalah Kawasan Kesultanan Banten. Konon dalam satu kawasan tersebut terdapat beberapa makam tokoh islam. Mulai dari makam Sultan Hasanudin hingga keluarga dan sanak keluarganya.

Berikut ini rekomendasi tempat ziarah di Kawasan Kesultanan Banten:

1. Makam Sultan Maulana Hasanuddin

Makam ini merupakan tempat penziarahan yang paling banyak dikunjungi karena Sultan Maulana Hasanuddin memiliki pengaruh yang besar untuk menyiarkan agama Islam saat itu.

2. Makam Sultan Maulana Yusuf

Makan ini juga menjadi magnet bagi peziarah Nusantara khususnya warga Banten, karena semasa hidupnya Sultan Maulana Yusuf berperan besar bagi masyarakat Banten. Selain itu, Sultan Maulana Yusuf juga memajukan perekonomian masyarakat pada masa penjajahan Belanda. 

BACA JUGA:Wisata Religi, Inilah Deretan Tempat Ziarah Terkenal di Banten Berikut Sejarahnya

3. Makam Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdulkadir

Sultan Abdulmafakhir Mahmud Abdulkadir atau dikenal dengan Pangeran Ratu atau Sultan Agung adalah raja ke-4 Kesultanan Banten. Ia memimpi Banten dari 1596 hingga 1651.

Abdul Mafakir merupakan putra Sultan Maulana Muhammad yang menjadi raja pertama di Pulau Jawa dengan menggunakan gelar ‘Sultan’.

4. Makam Syekh Muhammad Sholeh

Makam ini juga cukup populer di kalangan penziarah karena legenda dari sosok Syekh Muhammad Sholeh sendiri ketika masih hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: