Wisata Religi, Inilah Deretan Tempat Ziarah Terkenal di Banten Berikut Sejarahnya

Wisata Religi, Inilah Deretan Tempat Ziarah Terkenal di Banten Berikut Sejarahnya

tempat wisata ziarah di Banten--bantenprov.go.id

INFORADAR.ID - Di Indonesia Banten terkenal dengan banyaknya situs ziarah.

Tempat ziarah yang ramai dikunjungi dikarenakan Banten merupakan rumah bagi banyak ulama besar dan tokoh-tokoh yang dihormati yang berjuang untuk menyebarkan agama Islam.

Oleh karena itu, bahkan setelah wafatnya para ulama pejuang dakwah Islam, mereka masih dikenang oleh masyarakat sebagai tokoh yang berpengaruh dengan melakukan ziarah.

Ziarah adalah praktik yang memiliki makna moral di sebagian besar komunitas agama. 

Para peziarah dapat mengunjungi tempat-tempat yang sakral dan penting bagi iman dan kepercayaan mereka. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kenangan, memperkuat iman dan menyucikan diri.

Inilah beberapa tempat ziarah yang bisa anda kunjungi untuk mengenang perjuangan ulama terdahulu dalam menyebarkan Islam di Banten.

Makam Syekh Muhammad Sholeh

Syekh Muhammad Sholeh bin Abdurrahman adalah seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di pesisir utara Banten. Syekh Muhammad Sholeh juga merupakan murid Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati.

Beliau ditugaskan oleh Sunan Gunung Jati untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam di pesisir utara Banten. 

Konon dikatakan bahwa Syekh Muhammad Sholeh dapat menyerupai seperti ayam jantan sungguhan. Tentu saja, ini karena beliau menerima ilmunya dari Allah.

Syekh Muhammad Sholeh wafat pada tahun 1550 H (958 M) pada usia 76 tahun dan berpesan kepada murid-muridnya untuk menguburkannya di Gunung Santri jika ia meninggal.

Di dekat makamnya terdapat para pengawal dan murid-muridnya, Malik, Isroil, Ali dan Akbar, yang dengan setia menemani Syekh Muhammad Sholay dan menyebarkan agama Islam. 

Makam Syekh Muhammad Sholeh terletak di Gunung Santri,Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang, Banten.

Makam Sultan Maulana Yusuf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: