Kredit Pintar Edukasi UMKM di Serang Soal Kelola Utang Sebagai Modal Usaha

Kredit Pintar Edukasi UMKM di Serang Soal Kelola Utang Sebagai Modal Usaha

sebuah Kegiatan edukasi dan literasi keuangan secara gratis bagi para pelaku UMKM di Serang pada Sabtu, 9 September 2023 .--

INFORADAR.ID - Kredit Pintar memberikan edukasi kepada UMKM di Serang soal kelola utang sebagai modal usaha.  

Modal mengembangkan usaha dari utang memang sudah lumrah, namun jika tidak pandai mengelolanya bisa menjadi hambatan berusaha dan bahkan tidak bisa membayar cicilan utang. Karena itu, Kredit Pintar tidak menghendaki hal tersebut terjadi di kalangan pengusaha. 

Kredit Pintar melalui Kelas Pintar Bersama, menggelar sebuah kegiatan edukasi dan literasi keuangan secara gratis bagi para pelaku UMKM di Serang pada Sabtu, 9 September 2023 di Rumah Makan Sari Bante, Kota Serang.

Para pelaku UMKM sangat antusias dalam berinteraksi sekaligus berkonsultasi seputar manajemen pengelolaan hutang untuk modal usaha. 

Sejak 2022 lalu Kredit Pintar secara konsisten memfasilitasi Kelas Pintar Bersama yang telah menjangkau berbagai daerah yang ada di Indonesia antara lain Sumedang, Bandung, Surakarta, Cirebon, Lampung, Semarang, Surabaya, dan lainnya. 

Dalam kegiatan ini Kredit Pintar juga mengajak para narasumber kompeten untuk berpartisipasi, berbagi kiat serta menumbuhkan semangat berwirausaha.  

Pada acara bertema ‘Management Hutang Sebagai Modal Usaha’, Kredit Pintar menggandeng narasumber ahli yaitu Indra Martha Rusmana, seorang dosen, trainer, motivator, dan mentor bisnis bagi UMKM.

Indra Martha menjelaskan penggunaan pinjaman atau utang sebagai modal usaha bisa menjadi siasat untuk meningkatkan cash flow saat memulai usaha. Manfaatnya, selain dapat meningkatkan kemampuan usaha dalam menyediakan aset atau inventaris baru, dapat juga untuk membuka peluang pasar baru yang memperluas cakupan dalam bisnis. 

Selain itu, lanjut dia, untuk meningkatkan volume produksi, memperluas usaha dan meningkatkan potensi laba. "Namun, patut diingat, bagaimana teknik penanganan hutang agar tidak mengganggu operasional bisnis? Itu yang perlu kita pelajari," ungkapnya.

Indra Martha memaparkan bahwa setiap berutang pasti ada risikonya. Untuk itu, a berbagi kita cara jitu mengelola utang dalam usaha. 

"Pertama, monitoring keuangan dengan memantau arus kan dan melacak pengeluaran untuk mengetahui kondisi keuangan usaha. Kemudian, membuat rencana pembayaran utang/pinjaman dan memprioritaskan utang dengan bunga tertinggi. Lalu melakukan teknik pembayaran otomatis untuk memudahkan mengatur pembayaran secara rutin dan teratur," jelasnya.

Tak hanya itu, Indra Martha berbagi kiat lebih detail bagaimana strategi pengurangan utang secara efektif? “Pertama, harus membuat komitmen untuk membayar setiap utang tepat waktu. Kedua, memberi prioritas pada utang dengan tingkat bunga tertinggi. Ketiga, mencari sumber pendapatan tambahan untuk membantu mengurangi utang,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Brand Manager Kredit Pintar Puji Sukaryadi menjelaskan, Kelas Pintar Bersama merupakan kegiatan edukasi yang dipersembahkan oleh Kredit Pintar untuk komunitas UMKM guna meningkatkan literasi keuangan serta pemberdayaan wirausaha. 

"Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kami untuk mendorong peningkatan kapasitas UMKM sekaligus meningkatkan skala usaha,” ujar Puji Sukaryadi dalam siaran pers, Selasa, 12 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: