Kelebihan dan Kekurangan TikTok Terhadap Kesehatan Mental Anak

Kelebihan dan Kekurangan TikTok Terhadap Kesehatan Mental Anak

Ilustrasi seseorang yang sedang menggunakan aplikasi tiktok. -Sumber & design freepik-

Platform ini memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia, jadi platform ini juga bagus untuk inklusivitas.

Beberapa remaja pada dasarnya pemalu, jadi menjalin pertemanan secara langsung bisa jadi sulit. Namun, media sosial menghilangkan tekanan untuk berkomunikasi secara langsung, tatap muka, sehingga memudahkan sebagian orang untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, dan menjalin koneksi baru.

3. Bisa Menjadi Outlet Kreatif yang Baik

Walaupun awalnya tidak terlihat seperti itu, sebenarnya ada seni dalam membuat TikTok yang bagus. Misalnya, saat membuat video,

Anda harus memilih di antara opsi filter yang berbeda, membuat pilihan musik yang sesuai, dan memikirkan serta melakukan gerakan tarian yang menarik.

Saat membuat sketsa komedi TikTok, Anda harus membuat naskah dan memikirkan cara menyenangkan untuk memerankan semuanya.

4. Menawarkan Potensi Penghasilan

Saat ini sudah diketahui secara luas (terutama oleh remaja) bahwa pembuat TikTok termasuk di antara pembuat konten dengan bayaran tertinggi di dunia influencer.

Saat ini, terdapat lembaga kepanduan TikTok yang berdedikasi, rumah pembuat TikTok yang berdedikasi, dan sejumlah sponsor yang menunggu untuk memamerkan produk mereka kepada audiens target mereka melalui platform ini. Meskipun hanya sebagian kecil pengguna yang mencapai titik menguntungkan ini, selalu ada kemungkinan anak remaja Anda berhasil di industri TikTok.

Kontra TikTok:

1. Anak Remaja Anda Berpotensi Terkena Predator Seksual

Meskipun tiktok bekerja keras untuk memitigasi masalah terkait predator seksual yang menjangkau anak-anak di bawah umur, masalah ini masih banyak terjadi di TikTok.

2. Dapat Membahayakan Privasi

Selain itu, TikTok dapat membahayakan privasi Anda dan anak remaja. Umumnya, remaja tidak menyadari masalah privasi yang timbul karena memperlihatkan kehidupan mereka kepada orang lain.

Seringkali, mereka membuat film di depan rumah, memamerkan interior rumah, berbagi lokasi, memamerkan mobil orang tua, dan memajang pelat nomor, dan lain-lain. Dunia ini penuh dengan orang-orang gila, dan hanya dibutuhkan satu orang yang cukup berani, untuk menggunakan informasi ini untuk tujuan jahat. Itu sebabnya anda harus mempertimbangkan untuk memasang VPN di perangkat anda.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: