Jangan Ngaku Traveler Kalau Belum Nikmati Pesona Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Jangan Ngaku Traveler Kalau Belum Nikmati Pesona Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Potret Pulau Peucang dari ketinggian. -Instagram/@igers.banten-

INFORADAR.ID - Pulau Peucang adalah salah satu pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. 

Pulau peucang ini berada di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya terdapat di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang Banten, atau sebelah barat Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau peucang merupakan yang paling populer bagi kalangan wisatawan jika berwisata ke Ujung Kulon, Banten. Keindahan pulau ini bahkan disebut para pengunjung sebagai dream island.

Untuk masuk ke Pulau Peucang, kamu cukup membayar Rp5.000 saja pada weekday dan Rp7.500 pada weekend. Tetapi, wisatawan internasional dikenakan tariff Rp150.000 pada saat weekday dan Rp225.000 pada saat weekend.

Pulau peucang memiliki luas kawasan A± 450 ha pernah dianugerahkan UNESCO sebagai salah satu dari situs alam warisan dunia karena memiliki keberagaman flora dan faunanya. Banyak hewan yang hidup di kawasan ini diantaranya babi hutan, rusa, burung merak, kambing, kera, dan mungkin aja ada binatang buas lainnya. 

Pulau peucang ini termasuk kawasan yang dilindungi maka semua hewan yang ada disini dibiarkan hidup bebas walaupun banyak wisatawan yang berkudung, alhasil kalau ada makanan nganggur di penginapan akan diambil oleh monyet. 

Selain itu pulau peucang ini juga kaya dengan flora, terdapat pohon Kiara. Dengan pulau yang tidak terlalu luas, disini kalian bisa menelusuri hanya dalam satu hari. 

Dengan berjalan kaki menelusuri hutan selama kurang lebih 2 km, kalian sudah bisa mencapai titik akhir yaitu Karang Copong, disana kalian bisa melihat keindahan ombak pantai yang menghantam karang-karang besar. 

Berjalan menyusuri hutan tidak akan membuat anda merasa lelah. Disana banyak disuguhi satwa-satwa liar yang berkeliaran. Selain itu, anda bisa melihat berbagai macam tanaman langka yang ada di Pulau Peucang. Pohon Kiara yang besar juga akan nampak jelas ketika berada di tengah hutan.

Pulau ini sudah ada listrik tetapi hanya beroperasi pada malam hari, jadi kalau kalian kesini harus siap power bank yaa.(*)

Konitatu Rahmah, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: