Wisata Pulau Peucang Pandeglang, Situs Warisan Dunia yang Hidden Gem

Wisata Pulau Peucang Pandeglang, Situs Warisan Dunia yang Hidden Gem

Keindahan pulau Peucang Pandeglang- tnujungkulon.menlhk.go.id-

INFORADAR.ID - Pulau Peucang salah satu wisata pulau terbaik di Banten dan dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Pulau Peucang ini terdapat di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah barat Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau Peucang memiliki daya tarik yang banyak khas seperti hamparan pasir putih yang halus dan laut hijau muda kebiru-biruan.

Obyek wisata yang bisa dinikmati ketika berkunjung di Pulau Peucang Pandeglang beragam, seperti tracking ke karang copong sebuah karang mati besar yang berlubang (copong) yang terletak di bagian utara pulau, berenang di pantai, snorkeling, dan menyelam bersama keindahan dasar laut dan keanekaragam ikannya.

Terdapat juga Padang Pengembalan Cidaon yang bisa kamu kunjungi dengan memakan waktu sekitar ± 15 menit menggunakan boat kecil berkapasitas 6 (enam) orang. di situ kamu bisa melihat, meneliti dan mengamati atraksi satwa seperti banteng, merak, rusa, dan babi hutan khas pulau peucang. 

BACA JUGA:Mau Liburan ke Pulau Peucang? Ini Rute Tercepat dari Pandeglang

Selain itu terdapat juga peninggalan kolonial belanda yang bisa kamu lihat secara langsung, berupa menara mercusuar dan bekas pembangunan dermaga di tanjung layar dan Cibom. Di seberang pulau peucang juga terdapat air terjun kecil yang wajib kamu kunjungi yaitu Curug Citerjuniterjun yang merupakan sumber air tawar utama pada musim kemarau panjang di pulau peucang.

Kamu bisa ke pulau peucang dengan perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan darat untuk menuju ke arah sumur atau kabupaten pandeglang. Dengan estimasi waktu tempuh sekitar 3-5 jam. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menyewa kapal kayu milik penduduk setempat yang ada di sumur atau kabupaten pandeglang. Perjalanan laut ini membutuhkan estimasi waktu sekitar 2,5 jam. 

Untuk masuk ke Pulau Peucang juga sangatlah murah, kamu hanya cukup membayar Rp5.000 saja pada weekday yaitu Senin-Jumat dan Rp7.500 pada weekend Sabtu-Minggu. Namun, wisatawan internasional dikenakan tarif khsus sebesar Rp150.000 pada saat weekday dan Rp225.000 pada saat weekend yang harus kamu siapkan. 

Terdapat juga penginapan yang bisa kamu sewa di pulau peucang yaitu NIKKI Peucang Resort dengan menggunakan dua konsep yaitu Angklung dan Batik, dengan harga Rp.1.600.000 untuk 2 orang permalan. Konsep penginapan ini menyatu dengan alam dengan menyuguhkan keindahan panta pulau peucang. 

Kamu bisa ke pulau peucang dengan mandiri ataupun menggunakan travel agent. Kira-kira yang dibutuhkan jika menggunakan travel agent minimal sekitar Rp700.000 dan jika mandiri menyesuaikan kebutuhan dan keinginan. (*)

BACA JUGA:Tak Cuma Laut, Ini Keindahan yang Menakjubkan di Pulau Peucang

Penulis: Artika Sari (GenRB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: