Cepat Lupa Setelah Belajar, Ternyata Ini Penyebabnya

Cepat Lupa Setelah Belajar, Ternyata Ini Penyebabnya

Potret seseorang yang sedang mempelajari materi agar tidak cepat lupa.-pexel/@Andrea Piacquadio-

INFORADAR.ID – Guys, kalian pernah enggak sih materi yang kalian pelajari, tapi dengan cepat hilang dalam ingatan kalian atau lupa dengan materi itu.

Cepat lupa setelah belajar ini biasanya dialami oleh banyak orang yang tentunya terjadi karena beberapa hal yang menjadi faktornya.

Perlu adanya cara tertentu yang harus diterapkan agar materi yang kita pelajari tidak cepat lupa, sehingga akan terus menempel di dalam ingatan kita setelah belajar.

Sudah belajar capek-capek, namun enggak lama setelah itu, kita malah lupa dan bahkan ketika waktu ujian tiba, malah tidak ingat sama-sekali. Kira-kira, apa yang membuat kita mudah cepat lupa setelah belajar?

Yuk, simak beberapa alasan mengapa kita cepat lupa setelah belajar, seperti berikut ini:

1. Abai dengan materi (jarang mengulang materi)

Ketika menyimak sebuah informasi, kita akan dengan mudah menangkapnya tapi apakah ingatan itu akan terus tersimpat secara permanen?

Cobalah untuk mencatat materi yang dipelajari di memori cadangan, seperti buku catatan yang bisa diulas lagi nantinya.

Jangan hanya menyimpan materi dalam bentuk gambar saja, tulis ulang dan pelajari materi itu. Jangan lupa juga untuk mengulang ketika sudah mulai lupa pada materi tersebut.

2. Tidak memahami materi

Banyaknya materi yang masuk, sehingga menumpuk lebih banyak akan materi pembelajaran yang baru. Hal itulah yang akan menyebabkan kita akan lupa dengan materi yang telah dipelajari.

Terlalu banyak materi yang berujung hanya dihafal saja tanpa memahaminya, justru akan mendorongmu lebih melupakannya, dibandingkan mengingatnya.

Cobalah untuk memahami materi yang telah kamu pelajari dengan cara mencatat poin penting yang tentunya menggunakan bahasamu sendiri agar lebih mudah kamu ingat.

Selain mencatat dengan bahasamu sendiri, tulislah dan cantumkan analogi dan contoh dari materi pembelajaran, sehingga itu akan sangat membantumu.

3. belajar terlalu lama

Jangka waktu belajar yang jika dilakukan secara terus menerus akan membuatmu cepat bosan dan kamu akan kehilangan fokus.

Bukannya semakin bagus waktumu digunakan lebih panjang untuk belajar tanpa adanya jeda waktu untuk belajar, justru itu akan membuatmu bosan dan jenuh dan materi tidak akan bisa masuk ke dalam ingatanmu.

Luangkan waktumu di sela-sela belajar untuk beristirahat sejenak agar kamu tidak stress akan materi belajar kamu.

4. Overload informasi dan overpressure ekspektasi

Terlalu banyak informasi yang diterima dalam waktu yang singkat, dapat membuat otak kita kewalahan dan sulit untuk mengingat semua materi.

Hal ini sering kali kita alami  pada situasi di mana kita mencoba mempelajari banyak informasi sekaligus dalam satu waktu.

Terlalu memaksakan dan mem-push diri kamu sendiri, hal itu akan membuatmu overstressed dan sulit untuk fokus dalam belajar.

5. Tidak ada tes/ujian materi

Banyak belajar, menghafal dan memahami materinya tapi enggak pernah diaplikasikan tanpa ujian atau tes. Hal itu justru kurang efektif.

Dengan melakukan tes akan wawasan yang kita dapatkan, baik berupa latihan soal, kuis, atau bahkan dites teman kita sendiri, dapat mengetahui di mana letak kurangnya, sehingga akan terus mengingat.

Beberapa hal di atas yang menjadi salah satu pemicu cepat lupa akan materi yang dipelajarinya, sehingga kita harus mengantisipasi agar bisa terhindar akan hal itu.(*)

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPLG UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: