Inilah Sederet Film Bertema Perjuangan Pahlawan Indonesia Meraih Kemerdekaan

Inilah Sederet Film Bertema Perjuangan Pahlawan Indonesia Meraih Kemerdekaan

Film : film bertema sejarah kemerdekaan Indonesia.-Twitter @MerahPutihFilm-

INFORADAR.ID – Memasuki bulan Agustus beberapa film bertema perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan wajib kamu tonton.

 

Dengan mengangkat tema perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia, sederet film berikut bisa menjadi tontonan untuk mengingat perjuangan para pahlawan.

 

Beberapa film bertema perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia akan mengajak kamu untuk terus mengingat perjuangan para pahlawan.

 

Memiliki sejarah Panjang dalam meraih kemerdekaan, kamu bisa menyaksikan ilustrasi perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan yang dikemas melalui film berkualitas.

 

Dengan menyaksikan film bertema perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia, kamu bisa menyaksikan bagaimana para pahlawan melawan para penjajah.

 

Tak hanya itu, kisah hidup para pahlawan yang pantang menyerah dengan memiliki jiwa nasionalisme juga bisa menjadi inspirasi.

 

Berikut beberapa film bertema perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan yang bisa kamu tonton pada hari kemerdekaan nanti.

 

1. Merah Putih 

Film pertama yang bertema perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan yaitu Merah Putih. Film satu ini sangat populer dalam film yang mengangkat tema perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Merah Putih merupakan film yang tayang pada tahun 2009 lalu. 

 

Dengan mengangkat tema perjuangan pahlawan pada tahun 1947,  film Merah Putih akan mengisahkan lima orang kadet yang berjuang melawan para penjajah. 

 

Ketika pasukan Belanda menyerang kampung halaman Kadeta, mereka melakukan berbagai cara untuk melawan para penjajah dari belanda yang memporak porandakan kampung mereka. Hingga akhirnya mereka bergabung dengan pasukan gerilya di pedalaman Jawa untuk melawan penjajah.

 

Kisah para kadeta sangat menarik untuk disaksikan. Penuh perjuangan demi membela tanah air, kelima pemuda kadeta sangat memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi yang bisa dicontoh oleh generasi masa kini.

 

2. Soekarno

Sesuai dengan judulnya, film satu ini akan mengisahkan perjuangan presiden pertama Republik Indonesia yaitu Soekarno. Pada film ini, kamu akan menyaksikan kisah masa kecil Soekarno hingga ia bertemu dengan Bung Hatta dan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

 

Kisah Soekarno akan dimulai saat pemerintah Hindia Belanda menangkap Soekarno pada tahun 1942. Dengan memiliki cita-cita yang besar dalam memerdekakan Indonesia, Soekarno muda sangat ditakutkan oleh pemerintah Hindia Belanda karena menghalangi rencana-rencana yang telah mereka susun.

 

Setelah Soekarno ditangkap dan ditahan di penjara Banceuy, Bandung, ia kemudian melakukan pemberontakan dengan menyampaikan orasi “Indonesia Menggugat” dalam persidangan di pengadilan Negeri Bandung Landraad.

 

Kisah penuh perjuangan Soekarno bersama pahlawan lainnya sangat cocok kamu tonton untuk menyaksikan perjuangan mereka hingga berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

 

3. Jenderal Soedirman

Film selanjutnya yang bisa kamu tonton saat hari kemerdekaan nanti yaitu Jenderal Soedirman. Film satu ini akan mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman dalam melawan para penjajah. 

Kala itu, Belanda menyatakan secara sepihak mengenai ketidakterikatan dalam perjanjian Renville serta menghentikan gencatan senjata. 

 

Saat Panglima Angkatan Darat Jenderal Spoor Noord Simons memimpin agresi militer II untuk menyerang Yogyakarta sebagai ibu kota Indonesia kala itu, Belanda menangkap dan mengasingkan Soekarno-Hatta ke pulau Bangka.

Namun, saat Belanda mendeklarasikan Indonesia sudah tak ada, Jenderal Soedirman tetap memimpin perang gerilya dan menyebarkan informasi bahwa Indonesia masih ada melalui penyiaran.

 

4. November 1928

Film bertema perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia selanjutnya yaitu November 1928. Film satu ini akan menyuguhkan kisah kejadian bersejarah pada November 1928. 

 

Mengisahkan tentang pemberontakan penduduk Jawa atas pemerintah Hindia Belanda. Tak hanya itu, kisah perlawanan penduduk Jawa juga akan disuguhkan dengan penuh perjuangan melawan pemerintah Hindia Belanda.

 

Dikemas dengan apik, film November 1928 berhasil meraih tujuh penghargaan dalam Festival Film Indonesia pada tahun 1979. Kategori yang dimenangkan oleh film November 1928 diantaranya Film terbaik, aktor pendukung terbaik, sutradara terbaik, sinematografi terbaik, tata suara terbaik, tata artistic terbaik, hingga tata musik terbaik.

 

5. De Oost (The East)

Berbeda dengan film yang sudah diulas di atas, film De Oost (The East) akan mengisahkan perjuangan kemerdekaan Indonesia dari sudut pandang prajurit Belanda yang mengagumi kepemimpinan Westerling dalam meredam perjuangan sekelompok gerilya Indonesia.

 

Film satu ini akan menceritakan kekejaman Westerling dalam melakukan pembantaian di wilayah Sulawesi Selatan.

Itulah beberapa film bertema perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia yang akan mengingatkanmu akan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

 

Sederet film di atas bisa menjadi tontonan bersama teman atau keluarga saat hari kemerdekaan nanti. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: