Gianluigi Buffon Pensiun, Seperti Ini yang Dikatakan Pelaku Jagat Sepak Bola Dunia Tentangnya

Gianluigi Buffon Pensiun, Seperti Ini yang Dikatakan Pelaku Jagat Sepak Bola Dunia Tentangnya

Penjaga gawang legendaris Italia, Gianluigi Buffon pensiun di usia 45 [email protected]

INFORADAR.ID - Mantan penjaga gawang Italia dan pemenang Piala Dunia, Gianluigi Buffon, pensiun pada usia 45 tahun.

Gianluigi Buffon menulis kalimat perpisahan di media sosialnya: 'Teman-teman. Kalian telah memberikan saya segalanya. Saya memberikan segalanya untuk kalian, kita bersama."

Cuitan Gianluigi Buffon pun ditanggapi berbagai pelaku sepak bola dunia. Mulai dari federasi sepak bola, operator liga hingga mantan rekan setimnya.

Buffon mengakhiri karir selama 28 tahun di mana ia memenangkan 10 gelar Serie A bersama Juventus, 10 gelar Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain dan Piala Dunia 2006.

Buffon mengawali kariernya bersama Parma (saat ini di Serie B) pada tahun 1995.

Buffon, yang memiliki kontrak dengan Parma hingga 2024, membuat 19 penampilan musim lalu saat ia berjuang dengan cedera.

Buffon, yang memulai kariernya di akademi Parma dan melakukan debutnya di Serie A pada November 1995, pindah ke Juventus pada 2001 dengan nilai transfer £32,6 juta, yang merupakan rekor dunia untuk seorang penjaga gawang pada saat itu.

Buffon bermain untuk PSG pada musim 2018-19, namun menghabiskan sebagian besar kariernya di Juventus.

Dia membuat total 657 penampilan di liga tertinggi Italia dan merupakan penjaga gawang dengan caps terbanyak sepanjang masa dengan 176 penampilan untuk Italia.

Buffon pensiun dari sepak bola internasional pada tahun 2018 setelah Italia gagal lolos ke Piala Dunia pada tahun tersebut.

Puncak kariernya adalah ketika Italia mengalahkan Prancis 5-3 dalam adu penalti untuk memenangkan Piala Dunia setelah bermain imbang 1-1 di Berlin.

Pujian untuk sang 'manusia emas' Gianluigi Buffon

"Terima kasih kepada pemain nomor satu kami. Terima kasih Gigi," cuit akun tim nasional Italia.

Akun Serie A mencuit: "Sejarah sepak bola ada di sini. Gigi Buffon ada di sini. Karier dongeng yang dimulai di satu tempat dan berakhir di tempat lain."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc.com