Selain Kabupaten Pandeglang, Inilah Daerah dengan Julukan Kota Santri di Indonesia

Selain Kabupaten Pandeglang, Inilah Daerah dengan Julukan Kota Santri di Indonesia

Ilustrasi: Selain Kabupaten Pandeglang, daerah atau kota di Indonesia ini juga dijuluki "Kota Santri".-freepik.com-

INFORADAR.ID - Kabupaten Pandeglang yang merupakan bagian dari Provinsi Banten memiliki julukan sebagai "Kota Santri".

Namun selain Kabupaten Pandeglang, apakah ada daerah lain yang memiliki julukan kota santri juga?

Ternyata di Indonesia, masih terdapat sejumlah kota atau daerah yang dijuluki "Kota Santri". Tidak hanya Kabupaten Pandeglang, beberapa kota atau daerah ini pun memiliki julukan yang sama.

Disusun INFORADAR.ID dari data Kemenag, inilah daerah dengan julukan Kota Santri di Indonesia.

1. Ponorogo - Jawa Timur

Ponorogo tidak hanya dikenal sebagai kota budaya di Jawa Timur, tetapi juga sebagai Kota Santri. Terdapat sejumlah pondok pesantren yang terkenal di Ponorogo.

2. Jember - Jawa Timur

Jember dijuluki sebagai kota Santri karena terdapat sekitar 611 pondok pesantren di wilayah ini. Keberadaan pondok pesantren di daerah ini tersebar di seluruh desa. Salah satu yang paling terkenal adalah Pondok Pesantren Al-Qodiri, salah satu tempat wisata religi di Walisongo.

3. Situbondo - Jawa Timur

Menurut catatan Kementerian Agama tahun 2019, setidaknya ada 186 pesantren di Situbondo, Jawa Timur. Terdapat sebuah pesantren yang sangat berpengaruh di kota ini, yaitu Pesantren Syafi'iyah Sukorejo. Diyakini bahwa pesantren ini adalah yang pertama kali memprakarsai studi klasik seperti madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah.

4. Tuban - Jawa Timur

Tuban merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang menjadi pusat penyebaran agama Islam. Selain dikenal sebagai kota wali, Tuban juga dikenal sebagai kota santri karena memiliki 101 pesantren yang terdaftar di Kementerian Agama. Tuban juga dikenal dengan makam Sunan Bonan, Syekh Maulana Ibrahim Asmaraqandi (Palang), Sunan Bejagung dan makam Wali lainnya.

5. Pasuruan - Jawa Timur

Pasuruan dikenal sebagai daerah strategis yang menghubungkan Surabaya, Banyuwangi dan Bali. Terdapat banyak pondok pesantren di daerah ini, sehingga mendapat julukan Kota Santri. Menurut data Kementerian Agama tahun 2019, terdapat 189 pondok pesantren di Pasuruan. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Sidogiri yang berdiri sejak tahun 1745 dan tercatat sebagai pondok pesantren tertua di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://kemenag.go.id/