Hilangkan Kebiasaan ini, Karena akan Membuatmu Kesulitan dalam Mengingat Pelajaran

Hilangkan Kebiasaan ini, Karena akan Membuatmu Kesulitan dalam Mengingat Pelajaran

Ilustrasi seseorang yang lupa saat mengingat materi --Freepik @stockking

INFORADAR.ID – Lupa adalah hal yang sudah biasa terjadi dalam kehidupan sesorang. Baik itu orang biasa maupun orang yang jenius sekalipun, dia pasti pernah merasa lupa akan sesuatu hal.

Lupa merupakan sifat alami yang ada pada diri manusia, jika terlalu sering, bisa jadi itu hanya sebatas alasan. Tetapi, untuk kasus tertentu bisa saja memang benar-benar diluar kendalinya, seperti penyakit pikun. 

Tetapi bagi para pelajar, jangan lupa terhadap materi yang sudah dipelajari merupakan suatu yang seharusnya Dihindari, kamu harus bisa memahami kondisi ini dan mencari cara sebaik mungkin agar kamu jangan lupa dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya. 

Ada 5 hal yang perlu kamu hindari, agar kamu tidak lupa dengan materi yang sudah kamu pelajari: 

1. Tidak mengulang materi yang sudah dipelajari 

Manusia mudah menangkap informasi, namun sering kali kesulitan untuk menyimpannya dalam ingatan dengan waktu yang lama 

2. Terlalu banyak menghafal, tetapi tidak dipelajari

Ketika otak menerima informasi yang banyak, dan berusaha keras untuk mengingat lalu ada informasi baru yang lama-lama menumpuk dan menimbunnya maka dapat dipastikan kamu akan lupa! Coba pahami konsepnya dengan langkah: Simak, Pahami, Tulis dalam catatan dengan bahasamu sendiri, Gunakan analogi, dan Ulangi ketika lupa.

BACA JUGA:Tips dari Jerome Polin Tentang Cara Belajar Agar Tidak Bosan

3. Belajar terlalu lama

Ketika kamu belajar terlalu lama sampai begadang, kamu gabakal punya waktu yang cukup untuk tidur dan istirahat. Selama tidur, otak kita memproses dan mengkonsolidasikan memori baru. Jadi, jika kita tidak cukup tidur, otak kita mungkin tidak dapat memproses informasi tersebut dengan baik.

4. Terlalu banyak menerima informasi

Terlalu banyaknya informasi yang diterima dalam waktu yang singkat dapat membuat otak kita memiliki salinan dan sulit untuk mengingat semuanya.

Ini sering terjadi pada situasi di mana kita mencoba mempelajari terlalu banyak informasi sekaligus. Terlalu banyak memaksa dan mendorong diri membuat kamu stres dan sulit untuk fokus untuk terus belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: