Karakteristik Gen Z dan Gen Alpha, Si Paling Melek Teknologi

Karakteristik Gen Z dan Gen Alpha, Si Paling Melek Teknologi

Karakteristik Gen Z dan Gen Aplha, Si Paling Melek Teknologi-Ilustrasi:Freepik-

INFORADAR.ID - Gen Z dan Generasi Alpha, dua generasi ini masuk ke dalam kategori si paling melek teknologi.

Gen Z sering dianggap sebagai generasi yang tumbuh dengan teknologi digital dan internet yang luas.

Mereka cenderung memiliki karakteristik 'digital natives' karena tumbuh dengan akses mudah ke perangkat elektronik dan konektivitas internet. Generasi Z juga sering terlibat dalam media sosial dan platform online lainnya.

Stelahnya lahir generasi yang disebut dengan Gen Alpha. Karakteristik generasi ini mempengaruhi cara mereka berinteraksi, belajar, dan mendapatkan informasi. 

Generasi Alpha juga diyakini memiliki tingkat keterampilan teknologi yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Tahu nggak sih kalau ada nama-nama generasi di setiap kelahiran manusia dalam kurun waktu tertentu? 

Sebelum membahas lebih dalam mengenai Gen Alpha dan Gen Z, alangkah lebih baiknya mengenal generasi sebelumnya.

Generasi Sebelum Alpha dan Gen Z

1. Baby Boomers

Generasi pertama ini adalah kelompok yang lahir dari tahun 1946-1964 Masehi. Mereka lahir setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Mengapa generasi ini dinamai Boomer? Karena setelah Perang Dunia II berakhir, populasinya meningkat disebabkan angka kelahiran dunia juga melonjak.

Gen Boomer memiliki karakteristik umum sebagai kelompok dengan mental baja, berprinsip dan teguh, loyal, dan berdedikasi.Karena pendidikan yang mereka terima sangat ketat (strict).

Kelompok Gen Boomer ini cenderung sulit menerima kritik namun suka mengkritik generasi setelahnya. Di samping itu kelompok ini memiliki orientasi pada pencapaiannya, sifat kompetitif tinggi, percaya diri, dan multi tasking juga lho!

2. Generasi X

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbanten.co.id