Jokowi Undang PGII Bangun Luar Pulau Jawa, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN)

Jokowi Undang PGII Bangun Luar Pulau Jawa, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN)

Presiden Jokowi menghadiri side event PGII G7 and Partner Countries yang digelar di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, pada Sabtu, 20 Mei 2023. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev -----

"Termasuk di dalamnya adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kota ini nantinya berbasis hutan dan alam yang 70 persen adalah area hijau dan 80 persen sumber energinya berasal dari renewable energy,” sambung Jokowi.

 

Secara terbuka Jokowi mengatakan bahwa pendanaan pembangunan infrastruktur dasar di IKN berasal dari APBN. Namun, Jokowi juga menyatakan akan membuka peluang pendanaan dari pihak swasta atau investor apabila internal rate of return (IRR) dari pembangunan tersebut dinilai baik.

 

"Jadi dapat saya sampaikan bahwa pendanaannya untuk infrastruktur kami lakukan dari APBN, kemudian juga oleh BUMN, dan apabila IRR-nya baik akan kita berikan kepada swasta atau investor,” papar Jokowi. 

 

Sejalan dengan hal itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai IKN dapat menjadi sebuah wujud transformasi Indonesia yang sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dalam berbagai bidang.

 

"Jadi ini adalah showcase transformasi Indonesia yang sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dengan mitra investor, baik sektor transportasi, kesehatan, teknologi, pendidikan, pariwisata,” pungkas Jokowi. 

 

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: