TNI Turunkan 9.428 Personil dan 162 Alutsista Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

TNI Turunkan 9.428 Personil dan 162 Alutsista Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Untuk amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo, TNI kerahkan 9.428 personil dan 162 alutsista. Foto: Laman FB Pusat Penerangan TNI -----

INFORADAR.ID --- Untuk mengamankan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), TNI mengerahkan 9.428 personil dan 162 alutsista

 

Personil yang diturunkan untuk pengamanan (Pam) VVIP dan alutsista berasal dari ketiga matra (TNI AD, TNI AL dan TNI AU) dengan berbagai fungsi dan tugasnya masing-masing.

 

Adapun alutsista untuk pengamanan KTT ASEAN tersebu diangkut melalui Jalur udara dan jalur laut ke Labuan Bajo, NTT.

 

Alutsista yang diangkut melalui udara menggunakan pesawat Hercules. Yaitu berupa motor kawal, alat perlengkapan matan dan perlengkapan komlek. 

 

Sementara itu, alutsista melalui jalur laut menggunakan KRI Banjarmasin 592, KRI Teluk Youtefa 522, dan KRI dr Soeharso 990. 

 

Di antaranya berupa Kizi Jihandak, Nubika Zeni TNI AD, Sea Rider, Mobil Listrik PM, Motor Listrik Matan, Rantis Kopasgat, Mobil Inkas Koopsus TNI dan Ransus CBRNE Sprinter.

 

Pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 tahun 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, yaitu tanggal 9 - 12 Mei 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: