Arus Mudik 2023 Tinggal 3 Minggu Lagi, JLS Kota Cilegon masih Rusak

Arus Mudik 2023 Tinggal 3 Minggu Lagi, JLS Kota Cilegon masih Rusak

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah. Foto: Fahmi Sa'i/Radar Banten--

Kombes Firman mengatakan bahwa Pelabuhan Pelindo II akan dioptimalkan mengangkut pemudik agar kendaraan tidak semuanya terkonsentrasi di Pelabuhan Merak. Pengurangan beban di Pelabuhan Merak akan membuat antrian dapat diurai lebih cepat agar tidak terjadi penumpukan kendaraan pemudik. 

 

"Mudah-mudahan saja jika jalannya lancar semua, Pelindo II Ciwandan bagus, pelayanannya bagus, Pelabuhan Merak juga bagus, insyaallah arus lalu lintas bisa dikelola dengan baik," harap Dirlantas.

 

Sebaluknya, jika Pelabuhan Pelindo II, sarana dan prasarana belum maksimal, maka Polda Banten akan mengambil kebijakan lain. "Tapi kalo seandainya terjadi error saat pengamanan arus mudik, jalannya belum siap, sarana dan jembatan belum siap, saya akan mengambil langkah-langkah kembali ke pertama (Pelabuhan Merak-red). Pelindo II Ciwandan crowded kita kembalikan lagi ke Merak," ungkap Firman.

 

Dirlantas yakin, Pelabuhan Pelindo II dan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia telah mempersiapkan segala sesuatunya agar mudik tahun ini berjalan aman dan lancar. 

 

"Yang pasti sudah diprediksi bahwa kepadatan arus lalu lintas itu terjadi pada saat Operasi Ketupat. Pelabuhan Ciwandan sudah pasti disiapkan, kapal pun disiapkan ASDP," tutur Firman. 

 

Reporter: Fahmi Sa'i

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: