Indonesia Penyumbang Sampah Plastik ke Laut Terbesar Ke-5 di Dunia

Indonesia Penyumbang Sampah Plastik ke Laut Terbesar Ke-5 di Dunia

Grafis: Laman Fb IndonesiaBaikId -----

INFORADAR.ID --- Prilaku masyarakat yang tidak tertib dalam membuang sampah, menempatkan Indonesia sebagai negara penyumbang sampah plastik ke laut yang cukup banyak di dunia.

Dari 10 negara teratas penyumbang sampah plastik ke laut di dunia, Indonesia menempati urutan ke-5 teratas. 

Indonesia menyumbang sebesar 56.333 ton sampah plastik laut di wilayah perairan. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena dapat merusak biota laut. 

Hal tersebut dilaporkan Lourens J.J Meijer tahun 2021 dari The Ocean Cleanup, sebuah organisasi nirlaba yang memfokuskan diri untuk membersihkan lautan dari plastik.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karena sampah plastik bisa mencemari ekpsistem laut. 

Sementara World Pipulation Review memperkirakan sekiyar 4,8 hingga 12,7 juta metrik ton sampah plastik masuk ke laut setiap tahun.

Berdasarkan laporan tahun 2021, lima negara di Asia menjadi penyumbang sampah plastik ke laut di seluruh dunia. Yaitu China, Thailand, Vietnam, Indonesia dan Filipina.

Dalam laporan itu, Indonesia berada di urutan ke-5 sebagai penyumpang sampah plastik ke laut. Yakni mencapai 56.333 ton pada tahun 2021.

Di atas Indonesia ada China yang menyumbang 70 ribu ton sampah plastik ke laut.

Sementara negara tetangga kita Filipina merupakan oenyumvang sampah plastik ke laut terbesar di dunia, menxapai 350 ribu ton pada 2021.

Kemudian India menyumbang 126 ribu ton dan Malaysia sebesar 73 ribu ton. 

Dikutip dari laman Facebook : facebook.com/IndonesiaBaikId, berikut ini 10 negara teratas penyumpang sampah plastik ke laut tahun 2021. 

1. Filipina — 356.371 ton 

2. India — 126.513 ton 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: