Siapkan Jadi Desa Wisata, Desa Bandung Andalkan Ikan Mas Sinyonya

Siapkan Jadi Desa Wisata, Desa Bandung Andalkan Ikan Mas Sinyonya

Kepala Desa Bandung Wahyu Kusnadiharja berenang bersama ikan mas Sinyonya di Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Kamis, 23 Februari 2023. Foto : Dok. Kades Bandung--

INFORADAR.ID --- Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang bertekad menjadi Desa Wisata. Saat ini, segala persiapan untuk mewujudkan sebagai Desa Wisata itu tengah dilakukan pemerintahan desa setempat.

Salah satu yang bakal diandalkan sebagai icon Desa Wisata Bandung adalah Mina Agrowisata Bukit Sinyonya (ikan mas Sinyonya, ciri khas Desa Bandung). 

Kepala Desa (Kades) Bandung Wahyu Kusnadiharja menjelaskan, sebagai Desa Wisata nantinya ada beberapa jenis usaha pariwisata yang akan dikembangkan. 

"Salah satu andalan yang akan menjadi icon adalah Wisata Mina Agrowisata, Bukit Sinyonya (ikan mas Sinyonya ciri khas Desa Bandung)," kata Kades.

Menurut Kades, Desa Bandung untuk tahap awal ini akan mengandalkan lima icon dulu, yaitu: 

1. Mina agrowisata, 

2. Wisata budaya

3. Wisata edukasi.

4. Wisata umum

5. Wisata tujuan khusus

"Kelima icon itu akan saya kemas. Icon yang akan kami munculkan pertama itu Bukit Sinyonya," tambah Kades.

Terkait Desa Wisata ini, Kades Bandung mengaku sudah membicarakan dengan beberapa warga. Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi, begitu nanti Desa Bandung masuk menjadi Desa Wisata, maka warganya harus siap. "Artinya warga harus turut menyiapkan fasilitas menyambut wisatawan. Salah satunya kesiapan home stay. Dan warga sudah menyatakan kesiapan," ujarnya.

Selain dengan warga, lanjut Kades, dirinya juga sudah berkomunikasi dengan konsultan pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Konsultan ini berasal dari Kemenparekraf.

"Konsultan ini sudah mulai turun. Makanya tuh saya kumpulkan Pokdarwis-nya ada 15 pemuda diberikan pembinaan dan arahan," kata Kades.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: