Ratusan Rumah di Kecamatan Pagelaran dan Patia Pandeglang Terendam Banjir

Ratusan Rumah di Kecamatan Pagelaran dan Patia Pandeglang Terendam Banjir

Rumah warga di Kecamatan Pagelaran terendam Banjir akibat luapan Sungai Kukulung, Kamis, 26 Januari 2023. Foto : Kiriman anggota KSB Pandeglang --

PANDEGLANG, INFORADAR.ID --- Dua kecamatan di Kabupaten Pandeglang, yakni Kecamatan Pagelaran dan Kecamatan Patia terendam banjir. Akibatnya ratusan rumah di dua kecamatan tersebut terendam banjir

Banjir di Kecamatan Pagelaran menyebabkan sedikitnya 413 rumah terendam. Sementara banjir di Kecamatan Patia merebdam 450 rumah. 

Di Kecamatan Pagelaran, hujan deras yang mengguyur hulu, menyebabkan Sungai Kukulung meluap dan membanjiri 5 desa di Kecamatan Pagelaran. 

Akibatnya ratusan rumah di lima desa dan jalan poros desa terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Mulai dari 20 centimeter hingga satu meter. 

Dari catatan sementara terdapat 413 unit rumah di lima desa di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang terendam banjir. 

Kelima desa yang terendam banjir meliputi, Desa Bulagor, Desa Pagelaran, Desa Sukadame, Desa Tegalpapak dan Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran.

Anggota Forum Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Pandeglang Saeful mengatakan, banjir akibat hujan deras mengguyur wilayah hulu Sungai Kukulung.

"Berdasarkan data sementara sebanyak 413 unit rumah warga terendam banjir. Yang tersebar di lima desa di Kecamatan Pagelaran," katanya, Kamis, 26 Januari 2023.

Selain rumah, banjir juga memutus akses jalan poros desa tepatnya di Kampung Timur, Desa Pagelaran - Desa Sukadame dan Desa Bulagor. Ketinggian air mencapai satu meter.

"Banjir mulai merendam dari semenjak kemarin hingga sekarang. Puncak ketinggian banjir tadi pagi dan sekarang sudah berangsur surut," katanya.

Penyebab banjir akibat luapan Sungai Kukulunng. Selain itu karena terjadi pendangkalan.

"Solusinya agar ke depan tidak banjir lagi yaitu dilakukan pengerukan sedimen lumpurnya. Serta dilakukan peninggian badan jalan Pagelaran dan pelebaran sekaligus meninggikan badan tanggul sungai," katanya.

Lebih lanjut Saeful mengatakan, kalau saat ini bantuan sebagian sudah disalurkan kepada korban banjir dan sebagain masih dalam perjalanan. Jadi masih menunggu kebutuhan logistik dari Dinas Sosial.

"Selain Pagelaran, banjir juga merendam wilayah Patia. Banjir dari semenjak kemarin dan siang ini mulai berangsur surut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: