Salma Tia Aryani, Duta Kesehatan Mental Indonesia Asal Kota Serang

Salma Tia Aryani, Duta Kesehatan Mental Indonesia Asal Kota Serang

--

INFORADAR.ID - Salma Tia Aryani gadis kelahiran 22 Desember 2002 asal Kecamatan Kasemen, Kota Serang dinobatkan menjadi Duta Kesehatan Mental Indonesia pada Nobember 2022 dari Literasi Psikologi Indonesia.

 

Bagi Salma, menjadi duta kesehatan mental bukan hanya sekedar menjadi duta, namun melihat permasalahan kesehatan mental di Indonesia yang harus terus disosialisasikan.

 

Salma yang sedang menempuh pendidikan D4 Kebidanan di Poltekkes Aisyiyah Banten, ingin berkontribusi untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan mental.

 

Kegiatan Duta Kesehatan Mental Indonesia adalah melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk memberikan edukasi kesehatan mental, ada juga webinar harian yang membicarakan persoalan psikologi, dan membuat video harian yang kemudian di upload ke media sosial sebagai bentuk penyuluhan bagi pengguna media sosial. 

 

Selama menjalankan tugas, hal yang paling berkesan adalah ketika Salma melakukan penyuluhan di SMPN 20 Serang. 

 

”Saat itu saya memberikan edukasi untuk anak-anak SMP kelas 2 sampai 3. Sesampainya memberikan edukasi dan konseling hampir setiap anak menangis ketika menonton video motivasi. Dari situ banyak sekali persoalan mental yang mungkin bagi mereka masih belum tau atau mengenal apa itu kesehatan mental," kata Salma.

 

Setelah beberapa saat ketika suasana menjadi hening, lanjut Salma, ada beberapa siswa yang bercerita bahwasa dia selalu menjadi bahan bully di sekolah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: